Galian C di Aceh Utara masih marak

USAHA penambangan galian C yang berpotensi merusak lingkungan masih marak di Aceh Utara. Kegiatan yang tidak memiliki izin resmi alias ilegal itu terkesan dilindungi oleh oknum aparat penegak hukum.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Aceh Utara, Nuraina, saat dihubungi ATJEHPOSTcom lewat telepon selular, Sabtu, 6 April 2013. Kata dia, meski KLH sudah berulangkali memberi teguran, usaha galian C masih terus beroperasi.

“Ada beberapa perusahaan galian C yang masih bandel, salah satunya beroperasi di Kecamatan Cot Girek. Kita sudah menegur berulangkali, tapi mereka tetap beroperasi bahkan terkesan dilindungi aparat penegak hukum,” ujar Nuraina.

Selain merusak lingkungan, kata Nuraina, perusahaan itu juga tidak memiliki izin penambangan. “Jika dalam batas waktu yang telah ditetapkan perusahaan itu masih beraktivitas, kita akan memberikan sanksi administrasi. Kita juga akan melayangkan surat kepada pimpinan Pemerintah Aceh Utara untuk menutup perusahaan tersebut,” katanya.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply