Galaxy S III Mini: Si Mungil dengan Jeroan Jelly Bean

Meski mungil, gadget terbaru Samsung ini sudah menggunakan sistem operasi 4.1 Android dari Google. Bentuknya yang stylish cocok untuk Anda dengan mobilitas tinggi.
__________________________________

EFISIEN. Itulah salah satu alasan mengapa orang ingin memiliki smartphone yang dilengkapi berbagai fitur canggih. Tak heran jika perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba mengeluarkan varian terbaru produk smartphone.

Sebut saja contohnya adalah Galaxy S III Mini yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Samsung Electronics Co., Ltd. Diluncurkan di Jerman, Kamis, 11 Oktober 2012, Galaxy S III Mini dinilai memiliki performa tinggi meski bertubuh lebih mini. Beberapa fitur bawaan dari Galaxy S III masih ada di edisi anyar ini.

“Galaxy S III memperkenalkan konsep baru smartphone yang telah terbukti sangat populer di seluruh dunia,” ujar J.K. Shin, President and Head Mobile Communications & IT Division di Samsung Electronics saat peluncuran gadget tersebut. Shin juga menyebut produknya sebagai produk revolusioner. “Kami senang membawa desain revolusioner, kegunaan intuitif, dan inteligensi yang maju untuk Galaxy S III Mini dengan bentuk yang lebih kompak,” katanya seperti dilansir detik.com.

Dari desain dan ukuran tidak ada perbedaan mencolok antara versi mini dan S III. Keduanya sama-sama stylish. Hanya saja “si mungil” ini memiliki layar ukuran 4 inci dengan jenis Super AMOLED yang mampu mendukung resolusi WVGA 800 x 480. Sistem operasinya menggunakan Android 4.1 Jelly Bean dari Google.

Dengan display Super AMOLED ini, gambar yang ditampilkan lebih cerah, kontras, dan tajam sekalipun berada di bawah paparan sinar matahari. Layar sentuhnya juga sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya (built-in). Dengan kelebihan ini, layar tersebut memungkinkan respons lebih cepat ketika pengguna mengoperasikan perangkatnya melalui layar sentuh.

Namun, prosesornya masih jauh lebih rendah dibandingkan seri sebelumnya. Galaxy S III Mini masih memakai prosesor dual-core dengan kecepatan 1 GHZ, plus dukungan Random Access Memory (RAM) sebesar 1 gigabyte. Selain itu, juga ada internal memori antara 8 gigabyte dan 16 gigabyte. Tersedia pula slot eksternal memori hingga 32 gigabyte. Dimensinya 121,55 x 63 x 9,85 milimeter dengan berat 111,5 gram.

Seperti smartphone kebanyakan, ponsel ini dibekali dua kamera, depan dan belakang. Di bagian belakang ada sebuah kamera berkekuatan 5 megapiksel dengan autofokus dan Light-Emiting Diode (LED) Flash. Bagian depan hanya menggunakan kamera beresolusi Video Graphics Array atau VGA. Saat merekam, kamera ini bisa menghasilkan video sekelas 720p.

Kapasitas baterainya juga tergolong kecil, hanya 1500 milliamps Hour (mAh). Ini lebih kecil dibandingkan Galaxy S III yang mencapai 2100 mAh. Namun, dengan tubuhnya yang mungil itu, kapasitas ini dirasakan sesuai.

Menariknya, Galaxy S III Mini juga dilengkapi S Voice, salah satu fitur unggulan yang ada di Samsung Galaxy S III. Fitur ini mirip Siri yang ada di iPhone 4s yang dikeluarkan Apple, bahkan dari cara kerja dan konsepnya pun sama. Selain itu, juga ada S-Beam, Direct Call, Smart Alert, dan Smart Stay.

Fitur-fitur ini dinilai sengaja dipakai dalam Galaxy S III Mini untuk menarik minat konsumen, terutama kelas menengah ke bawah yang agak kewalahan dengan harga Galaxy S III yang diluncurkan pada Mei 2012.

Konektivitas yang dapat didukung oleh perangkat ini adalah jaringan quad-band 2G dan tri-band 3G dengan kecepatan transfer data hingga 14,4 Mbps HSDPA dan kecepatan 5.76 HSUPA, dual band Wi-Fi 1/b/g/n, DLNA, dan bluetooth 4.0. Dengan jaringan ini Galaxy S III Mini ini masih tertinggal dari iPhone 5 milik Apple yang sudah dilengkapi teknologi jaringan 4G LTE.

Di Inggris gadget terbaru dari Samsung ini dipatok dengan harga sekitar 298,8 Poundsterling atau sekitar Rp4,6 juta. Di luar Inggris kabarnya produk ini hanya dibanderol sekitar Rp5,3 juta. Harga tersebut rasanya cukup ideal bagi si mungil yang bisa mengimbangi mobilitas tinggi Anda.[]

 

Fakta Galaxy S III Mini

Prosesor                                : STE U8420 dual-core 1.0 GHz

RAM                                     : 1 GB

Unit prosesor grafis              : MaLi 400 MP

Sistem operasi                       : Android 4.1 Jelly Beans

Media penyimpanan             : memori internal 16 GB, tersedia slot MicroSD

Layar                                      : 4 inci

Resolusi layar                        : 800×480 piksel

Teknologi layar                     : super AMOLED

Kamera belakang                  : 5 MP dengan LED Flash

Resolusi perekam video       : 720p

Kamera depan                       : VGA

Baterai                                    : 1.500 mAh

Jaringan                                  : HSPA 3G, Wi-Fi
Konektivitas                           : MicroUSB, MicroSD, GPS, NFC, DLNA, Tethering, Bloetooth

Bobot                                      : 111,5 gram

Dimensi                                  : 121.55×62.95x9085mm

  • Uncategorized

Leave a Reply