Gadis cantik ini ogah makan banyak saat berbuka, karena…!

RASA lapar dan dahaga yang terasa selama puasa bukan berarti harus dilampiaskan pada saat berbuka. Pasalnya, banyak makan dan minum saat berbuka puasa justru tidak baik bagi kesehatan.

“Makan secukupnya saat berbuka. Di sini mari sama-sama kita mengikuti Sunnah Rasulullah SAW, yaitu berbuka puasa dengan menikmati manisnya kurma dan secangkir minuman,” ujar gadis cantik yang merupakan alumni IAIN Ar-Raniry.

Nama gadis ini adalah Iza Fajri. Sosok kelahiran 17 Maret 1988 ini memiliki tips tersendiri untuk berbuka. “Saat kita berbuka puasa, makan dan minumlah secukupnya saja. Kita dapat melanjutkan kembali kegiatan menikmati hidangan berbuka sesudah melaksanakan ibadah shalat Maghrib atau selesai shalat Tarawih,” ujar gadis asal Kuta Blang, Kabupaten Bireuen ini lagi.

Tips makan secara bertahap ini, ujar alumni Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry,  akan sangat membantu perut kita beradaptasi kembali mencerna makanan setelah seharian menahan rasa lapar dan haus.

“Hindari mengkonsumsi  teh, kopi dan softdrink secara berlebihan,” ujarnya.

Kata dia, bentuk minuman olahan seperti kopi, teh dan jenis softdrink lainnya  bisa menyebabkan produksi air seni meningkat sehingga dapat mengakibatkan sering buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh secara berlebihan.

“Satu lagi, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur saat berbuka puasa dan sahur sangat penting bagi tubuh. Hal ini dapat menjaga asupan serat dan vitamin didalam tubuh sehingga tetap terpenuhi disaat menjalani ibadah puasa. Disamping itu, usahakan minum air putih yang cukup agar tidak terkena dehidrasi disiang hari & dapat menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat,” katanya.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply