FPI Siap Bantu Amankan Natal di Gereja-gereja

Aparat polisi dan TNI terus menyiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru di sejumlah wilayah. Di Depok Jawa Barat, pengamanan ini tak hanya melibatkan unsur aparat namun juga melibatkan ormas Islam.

Kapolresta Depok Komisaris Besar Ahmad Subarkah membeberkan, salah satu ormas Islam yang sudah melakukan koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru adalah Banser dari Nahdatul Ulama.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah ormas untuk membantu pengamanan gereja. Salah satunya dengan Banser NU," kata Subarkah saat memantau satu gereja di Depok, Rabu 24 Desember 2014.

Selain Banser, dia mengatakan, Front Pembela Islam (FPI) juga siap membantu. "Tapi, FPI belum. Jika berkenan akan kami lakukan koordinasi juga," katanya, menambahkan.

Terkait pengamanan ini, Polresta Depok telah mengerahkan 700 personel, 200 di antaranya gabungan dari TNI dan Satpol-PP. "Pengamanan ini bukan hanya kami fokuskan ke gereja namun juga ke sejumlah tempat keramaian," ujar Subarkah.

Ketua Front Pembela Islam Kota Depok Habib Idrus Al Gadri mengaku siap ikut serta dalam mengamankan gereja saat malam Natal. "Jika memang diperlukan, kami dari FPI Depok siap membantu," kata Idrus.

Ribuan Personel

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono menyiapkan 3.941 personel  untuk mengamankan Misa Natal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mereka disebar di 300 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Perintah saya, pukul 15.00 sudah sterilisasi, setelah itu baru pengamanan," katanya.

Kepolisian Setiabudi juga mengerahkan pasukan keamanan dan tim gegana menyisir sekitar Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). "Kami mengamankan 28 gereja dan 1.600 jemaat," kata Kapolsek Setiabudi Audi Latuheru.”

Sumber: viva.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply