Forum Peduli Rakyat Miskin Minta Pemko Langsa Hapus Dana Aspirasi Dewan

LANGSA – Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) meminta Pemerintah Kota Langsa menghapus alokasi dana aspirasi DPRK dalam APBK tahun 2013 yang akan disahkan dalam waktu dekat ini.

“Kita minta dana aspirasi dewan dihapuskan, ini untuk efesiensi anggaran tahun 2013. Sebab saat ini kondisi anggaran Pemko Langsa mengalami defisit, jadi tidak logis kalau anggota dewan malah membenani anggaran lewat dana aspirasi," kata Direktur FPRM, Nasruddin, Kamis, 27 Desember 2012.  

Nasruddin menilai penggunaan anggaran daerah yang bersifat bantuan sosial maupun hibah, termasuk program kerja melalui dana aspirasi anggota dewan tidak ada kejelasan pertanggungjawaban. Pasalnya pengelolaan dana aspirasi tersebut disalurkan melalui pihak ketiga baik OKP, LSM atau pihak lainnya.

“Dana aspirasi ini secara tidak langsung dapat menyuburkan praktek korupsi, karena pengelolaan dana bisa dilakukan atas dasar kepentingan kelompok atau golongan tertentu. Sehingga penggunaan anggaran daerah yang mencapai miliaran secara akumulatif itu tidak tepat sasaran dan tidak mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Dia memperoleh informasi bahwa anggaran untuk dana aspirasi dewan dalam Rancangan APBK Langsa tahun 2013 mencapai Rp300 juta per orang. “Bila dikalikan dengan jumlah anggota dewan 25 orang, lebih kurang semunya Rp7,5 miliar uang rakyat akan terkuras kesana,” kata Nasruddin.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply