Forum Pala Bireuen Latih Teknik Pala Sambutan kepada Petani

Forum Pala Bireuen melakukan pelatihan pala pola sambutan (sambung pala hutan) kepada sedikitnya 30 petani anggota kelompok tani dari Bireuen, Pidie Jaya dan Pidie di perkebunan Desa Bireuen Meunasah Tgk Digadong, Kota Juang, Bireuen, Minggu 10 Agustus 2014.

Ketua Forum Pala Aceh, Mustafril mengatakan hingga kini, produk pala di Aceh belum mampu untuk memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat. Makanya dia berhasrat untuk terus mengajak masyarakat di Aceh mau menanam pala di seluruh kabupaten kota.

”Pala adalah hasil perkebunan yang sangat potensial, harganya pun semakin tinggi, pala bisa ditanam di sela pohon lainnya di dalam satu kebun dengan perawatan yang tergolong mudah, makanya pala merupakan peluang bagi masyarakat Aceh,” katanya.

Mustafril mengatakan satu hal yang sangat menggembirakan, pala dari Aceh tergolong sebagai pala terbaik di dunia. Sehingga sangat diincar para eksportir. Beda dengan pala di beberapa provinsi lain yang mengandung unsur yang menurunkan kualitas minyak pala.

Ketua Forum Kakao Aceh, Hasanuddin Darjo sangat mendukung pengembangan komodiri unggulan Aceh seperti pala, kelapa, kakao, nilam, karet dan tanaman ekonomi lokal. Dibutuhkan kordinasi dan kerjasama yang lebih intensif untuk mengembangkan komoditi ekonomi rakyat.

Hamdani ST, tutor dari Aceh Selatan sekaligus penemu pala pola sambutan mengatakan Pala ”Pola Darjo” yang disebut juga Pola Sambutan sangat cocok dikembangkan di Aceh. Pola tersebut diprediksi akan menjadi jawaban terhadap krisis penyakit yang mendera petani pala selama ini di seluruh Aceh.

Pelatihan Pala Sambutan digelar Forum Pala Bireuen turut dihadiri Ketua Forum Kakao Aceh Hasanuddin Darjo, yang juga Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Kepala BP2KP Bireuen, Mursyid SP serta sejumlah petani.

Ketua Forum Pala Bireuen, Tarmizi A Gani berharap pelatihan tersebut akan menjadi model pengembangan pala di seluruh Aceh secara bertahap. Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten kota diharapkan untuk bekerja bersama dengan masyarakat dalam mengembangkan pala. []
 

  • Uncategorized

Leave a Reply