Fenomena Dekade Kedua BlackBerry 10

JIKA senang mendapat kejutan di awal tahun baru, Anda boleh berbahagia karena awal tahun 2013 nanti produsen telepon pintar BlackBerry (BB) akan memberikan kejutan berupa varian baru smarthphone BlackBerry 10.

Sejak diperkenalkan ke publik pada 1999, BlackBery memang begitu fenomenal dan telah menjadi kebutuhan banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang beranggapan jika belum punya BB dianggap kurang gaya dan kurang gaul. Bisa jadi, Anda termasuk salah seorang yang sering ditanya, “Pin BB-nya berapa?” Nah, lho!

Namun, tak perlu khawatir. Anda dapat membayar “ketertinggalan” itu melalui varian BB 10 yang hadir dengan fitur lebih lengkap dan canggih. Yang pasti akan membuat penggunanya terlihat semakin gaya.

“Kami berkomitmen menjadikan BlackBerry 10 sebagai perangkat yang membawa perubahan di dunia mobile. Platform ini akan menentukan jalur 10 tahun ke depan, seperti halnya BalckBerry membentuk dekade terakhir,” janji CEO RIM Thorsten Heins, di acara BlackBerry Jam Americas di San Jose, Amerika Serikat pada 26 September 2012.

Pernyataan itu disampaikan Heins terkait kekhawatiran para investor mengenai nasib masa depan Research In Motion (RIM), perusahaan produsen BB yang berbasis di Kanada. Heins tampaknya mafhum jika BB saat ini sedang kalah pamor dengan keberadaan Android dan iPhone. Karena itu, ia bertekad kehadiran BB 10 kembali mencuri pangsa pasar para pesaing mereka, yaitu Android dari Google dan iPhone milik Apple.

Di ajang BlackBerry Jam Americas lalu, beberapa prototipe BB 10 sudah dipamerkan oleh RIM. Perangkat yang digunakan RIM untuk smartphone barunya ini berbeda dengan perangkat yang digunakan pada seri BB terdahulu. RIM menamakan smartphone baru mereka ini dengan BB Dev Alpha B, versi sebelumnya bernama BB Dev Alpha.

Jika pada versi pertama dulu RIM menggunakan sistem operasi PlayBook 2.0, pada versi terbarunya ini mereka menggunakan sistem operasi BB 10 yang sudah mendekati versi final.

BlackBerry 10 ini disebut-sebut punya tiga keunggulan. Sebagaimana diulas di tekno.kompas.com, salah satu yang membedakan BB 10 dengan sistem operasi sebelumnya adalah pengguna yang ingin beralih aplikasi tak perlu kembali ke tampilan layar utama.

Pengguna tinggal melihat dan memilih aplikasi berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar-aplikasi berlangsung dengan smooth dan tanpa jeda.  Fitur ini disebut juga sebagai full touch screen. Artinya, untuk membuka halaman, menemukan notifikasi dan bernavigasi bisa dilakukan dalam satu layar.

Soal aplikasi ini Heins memberikan komentarnya. “Tidak ada yang memiliki waktu untuk keluar dari aplikasi setiap kali mereka ingin mengganti aplikasi. Kami ingin menggunakan paradigma yang mudah dan cepat,” katanya. Bagi Anda yang selalu mengutamakan kecepatan dan fleksibel, BB 10 ini merupakan pilihan tepat.

Yang menarik adalah fitur continuous autofocus. Ini merupakan fitur untuk mengulang atau memperbaiki foto.  Dengan fitur ini pengguna seolah-olah seperti sedang mengaplikasikan software photoshop di genggamannya.

Ilustrasinya, jika Anda mengambil foto seseorang dengan hasil mata terpejam, mata tersebut bisa dibuat terbuka dengan bantuan aplikasi ini. Anda tinggal men-scroll sejumlah frame yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan gambar tersebut. Artinya, dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tak perlu lagi khawatir mengambil gambar dalam keadaan terburu-buru.

Untuk foto, BB 10 hadir dengan resolusi 1280 x 768 piksel dengan 16,8 juta warna. Dijamin momen-momen indah dalam hidup Anda akan terekam dengan baik.

BB 10 juga memiliki keyboard virtual yang “pintar”, yaitu Text Input yang mengusung fitur word suggestion. Dengan fitur ini, ketika pengguna mengetik suatu kata, secara otomatis sistem tersebut akan memprediksi kata yang akan diketik. Kata-kata prediksi itu akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut.

Jika pengguna ingin memakai kata yang muncul di word suggestion tersebut, ia tinggal menyentuhnya sambil menarik ke atas. Jumlah kata yang diprediksi akan berbeda-beda, bisa tiga kata, lima, atau bahkan lebih. Fitur ini sangat cocok dan lebih simpel bagi mereka yang biasanya malas mengetik pesan.

BB 10 juga didukung dengan layar lebih lebar, yaitu 4,2 inci. Dengan layar selebar ini tentu saja pengguna tak perlu memicingkan mata untuk berselancar.

Bagaimana dengan harganya? RIM memang belum mengeluarkan rilis mengenai harga smartphone ini. Namun, Heins pernah mengeluarkan pernyataan bahwa BB 10 lebih tersegmen pada konsumen kelas menengah ke atas. Apakah ini artinya RIM akan menyandingkan BB 10 dengan harga yang juga wah? 

“Kami sedang mengerjakan sebuah konsep untuk entry level. Anda mungkin akan melihat produk entry level tahun depan,” kata Heins mantap. Meski baru diluncurkan awal 2013, spesifikasi ponsel BlackBerry 10 yang masuk dalam jajaran L-Series telah muncul ke publik.[]

Spesifikasi BlackBerry 10
•    Prosesor Qualcomm APQ8064 Krait Quad-core 1.5GHz
•    Ukuran 136 x 68 x 8.85mm
•    GSM Quad band, 3,5G, LTE
•    Layar berukuran 4,65 inci berjenis kapasitif touchscreen, resolusi 720p atau 1280 x 720 piksel, Octa Glass OLED
•    2GB RAM, memori internal 16GB dan slot microSD maksimal 16GB hot swap
•    WiFi 802.11 a/b/g/n, 4G mobile hotspot
•    Bluetooth, NFC, DLNA, port microUSB dan port microHDMI
•    Stereo speaker, 4 microphone dengan teknologi noise reduction
•    Baterai dengan kapasitas 2.800 mAh, nonremovable

  • Uncategorized

Leave a Reply