Ethiopia Kalahkan Indonesia dalam Kemudahan Berbisnis

JAKARTA – Dalam laporan yang dikeluarkan, 23 Oktober, 2012, Indonesia harus puas bertengger di posisi 128 dari 185 negara dengan kemudahan dalam melakukan bisnis. Laporan Bank Dunia teranyar dalam doing business 2013 Smarter Regulations for Small and Medium-Size Enterprises, Singapura masih menjadi negara nomor wahid, yang memberikan layanan kemudahan dalam berbisnis.

Penilaian Bank Dunia tersebut di fokuskan pada usaha memulai bisnis, izin konstruksi, mendapatkan pasokan listrik, pendaftaran properti,mendapatkan kredit, perlindungan investor, membayar pajak, perdagangan lintas batas, penegakan kontrak, penyelesaian sengketa kebangkrutan dan tenaga kerja.

Dibandingkan negara tetangga di Asia Tenggara, urutan Indonesia jauh di bawah Singapura yang bertengger di urutan pertama, Malaysia ke-12, Thailand ke-18, Brunei posisi 79, Vietnam 99. Bahkan Indonesia dikalahkan oleh negara Afrika seperti Ethiopia yang berada di atas Indonesia dengan posisi 127. Di bawah Indonesia adalah Bangladesh.

Dikutip dari asiaone.com, spesialis pembangunan Bank Dunia, Karim Belayachi menegaskan lebih dari 2.000 aturan anyar telah yang dibuat di 180 dari 185 negara, sejak tahun 2005. Hal ini memungkinkan negara lain untuk mendekati Singapura. "Singapura masih menjadi patokan dan inspirasi untuk kemajuan mereka," katanya. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply