Elemen Sipil Sesalkan Pernyataan Gubernur Zaini Soal Din Minimi

PERNYATAAN Gubernur Aceh Zaini Abdullah, seperti dikutip dari Serambi Indonesia, yang mengatakan bahwa Nurdin bin Ismail alias Din Minimi dan kelompoknya di Aceh Timur sepenuhnya urusan TNI dan Polri, dinilai bentuk kegagalan dalam menjalankan transformasi konflik di Aceh.

“Pernyataan tersebut merupakan bentuk dari lari dari tanggung jawab,” kata Pelaksana Program Acehnese Civil Society Task Force (ACSTF) Zulfiansyah Lumna, Selasa 14 Oktober 2014.

Padahal, kata dia, dalam proses transformasi konflik, ada sejumlah hal yang paling mendasar yang harus ditangani.

Selain penghentian kekerasan dan konflik, dua hal lainnya yang mesti diselesaikan ialah reparasi dan mengubah kondisi masyarakat yang pernah hidup di bawah tekanan konflik ke kondisi damai agar konflik tak kembali berulang.

Menurut Zulfiansyah, Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang notabenenya mantan Menteri Luar Negeri GAM, merupakan agen transformasi konflik, yang seharusnya berperan untuk mengubah kontruksi politik, hubungan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat. Tapi dalam kasus Din Minimi, Zaini Abdullah tidak melihat Din Minimi dan kelompoknya sebagai agen-agen transformasi konflik.

“Seharusnya Zaini Abdullah sebagai mantan petinggi GAM melakukan pendekatan-pendekatan dialogis. Zaini semestinya menyadari bahwa Din Minimi dan kelompok-kelompok lainnya adalah keluarga besar GAM yang masih membutuhkan perhatian. Semestinya sebagai pimimpin Aceh maupun mantan petinggi GAM, ia dapat berkomunikasi langsung guna memahami duduk persoalan dan mencari jalan keluar bersama. Jadi sangat keliru sekali kalau sosok orang dituakan hari ini yang paham dengan dasar munculnya konflik di Aceh mengulangi kebijakan dengan mengedepankan tindakan militeristik?” ujar Zulfiansyah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Din Minimi unjuk diri sambil mengungkap keterlibatan mereka dalam serangkaian aksi kriminal di Aceh Timur lantaran kekecewaan mereka terhadap Pemerintahan Aceh.[] 

Baca juga:
Gubernur Zaini: Tidak Ada Rekonsiliasi, Din Minimi Urusan TNI-Polri

Ikuti perkembangannya dalam topik:
#Perlawanan Din Minimi

  • Uncategorized

Leave a Reply