Elemen Sipil Desak Pemerintah Aceh Tingkatkan Sosialisasi UUPA

Elemen Sipil Desak Pemerintah Aceh Tingkatkan Sosialisasi UUPA

BANDA ACEH – Lembaga Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh mendesak Pemerintah Aceh dan DPRA untuk lebih meningkatkan sosialisasi Undang-Undang Pemerintah Aceh. Hal ini dianggap penting terutama untuk para pelajar dan mahasiswa Aceh.

“Ini guna mempersatukan pemahaman masyarakat Aceh secara menyeluruh, serta menelaah isi draf yang telah disepakati bersama antara Pemerintah Aceh dengan Pusat, apakah sesuai dengan MoU Helsinki antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka pada masa itu,” ujar Ketua PAKAR Aceh, ujar Muhammad Khaidir, SH, melalui siaran persnya kepada portalsatu.com, Sabtu, 9 Mei 2015.

Ia mengatakan jika pemerintah daerah kurang menyosialisasikan UUPA tersebut maka pemahaman generasi muda Aceh dalam menelaah butir MoU Helsinki juga bakal hilang.

“Harapan kita bersama, jadikan isi dalam butiran dan poin-poin UUPA dan MoU Helsinki sebagai landasan pembangunan Aceh di masa yang akan datang. Aceh merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bila turunan perjanjian tersebut disahkan,” katanya.[]

Foto perjanjian damai antara Republik Indonesia (RI) dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005 lalu. Sumber foto: dmi.or.id

Leave a Reply