Home Ekbis Perempuan Aceh Diminta Kreatif Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner

Perempuan Aceh Diminta Kreatif Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner

55
0

TAPAK TUAN – Ketua Ikatan Ahli Boga Aceh Selatan, Eka Yusra, meminta perempuan di Aceh Selatan terus memacu potensi diri untuk menunjang pembangunan kabupaten tersebut. Khususnya di bidang boga yang potensinya sangat besar di daerah berjuluk Kota Pala itu.

Hal itu dikatakan Eka usai dilantik Ketua IKABOGA Aceh di Gedung Perpustakaan di Tapak Tuan hari ini, Senin, 4 Mei 2015.

“Perempuan harus berani menonjolkan potensi daerahnya,” kata Eka Yusra.

Untuk mencapai hasil yang maksimal kata Eka, perempuan Aceh Selatan harus mampu menjalin kerjasama dengan semua pihak, termasuk mampu menjadikan potensi Aceh Selatan sebagai pendorong ekonomi bagi masyarakat.

“Kita perempuan Aceh Selatan punya sejarah perempuan pekerja yang tangguh, maka mari kita pertahankan,” ujar Eka.

Sementara itu, Ketua DPD IKABOGA Aceh, Hj. Ismaniar,mengatakan potensi kuliner di Aceh Selatan harus terus digenjot. Khasanah kuliner di daerah itu menurutnya cukup besar namun belum tergali.

“Perempuan Aceh Selatan harus dapat meramu potensi kuliner yang ada, karena bisnis kuliner sangat menjanjikan di era sekarang ini,” kata Ismaniar.

Ismaniar juga mengingatkan agar perempuan Aceh bersiap diri dan mampu menghadapi pasar ekonomi bebas ASEAN yang tinggal menghitung hari. Ia mewanti-wanti, jangan sampai di bisnis kuliner nantinya perempuan Aceh hanya menjadi penonton. Padahal potensi kuliner di Aceh, secara khusus Aceh Selatan sangat variatif.

“Kita harus mampu menaikkan citra khas kuliner daerah kita. Dia harus bisa dijdikan Kuliner bercitra rasa Aceh Selatan, tapi selera dunia,” kata Ismaniar.

Pelantikan pengurus IKABOGA Aceh Selatan turut dihadiri Sekda Aceh Selatan, Ketua IWAPI Aceh Selatan, dan sejumlah undangan dari berbagai elemen.

Hadir pada pelantikan itu, Sekda Aceh Selatan Drs. Harmaini, Ketua Pengadilan Negeri Sahnan dan sejumlah anggota DPRK setempat.[] (ihn)