Home Ekbis Harga Premium Masih Bisa Berubah Sebelum 2016?

Harga Premium Masih Bisa Berubah Sebelum 2016?

45
0
Ilustrasi

JAKARTA – Pemerintah sudah memutuskan untuk tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Harga Premium tetap dibanderol Rp7.400 per liter untuk wilayah di dalam Pulau Jawa dan Rp7.300 per liter di luar Pulau Jawa.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, harga Premium dapat berubah dengan melihat kondisi yang ada, seperti harga minyak dunia dan kurs Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Sangat memungkinkan (ada penyesuaian),” kata Dwi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Dwi mengatakan, perubahan harga BBM jenis Premium akan sangat mungkin terjadi sebelum awal 2016. “Tidak harus menunggu 2016,” sebutnya.

Menurutnya, pemerintah memang sudah menetapkan evaluasi harga BBM akan terjadi setiap tiga bulan sekali. Namun, hal tersebut kata Dwi dapat saja berubah ketika negara membutuhkan stimulus untuk rakyat.

“Ya memang formulasi yang sekarang dipegang per tiga bulan, tapi manakala negara dalam hal masalah pertumbuhan ekonomi, negara butuhkan stimulus akan dievaluasi kapan saja,” imbuhnya.

Dengan tidak berubahnya harga Premium saat ini, Pertamina akan merugi. Hal ini tidak terlepas dari harga Premium masih di bawah harga keekonomian sekira 1-2 persen. “Sekarang itu harga kita itu masih di bawah harga keekonomian sekitar 1-2 persen, jadi memang kondisinya masih belum masuk di harga keekonomian,” kata dia.[] sumber: okezone.com