Home Ekbis Gubernur Aceh Ajak Semua Pihak Majukan Pertanian Aceh

Gubernur Aceh Ajak Semua Pihak Majukan Pertanian Aceh

46
0
JANTHO – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengajak kalangan petani, BUMN, LSM dan kalangan swasta di Aceh untuk mendorong kemajuan di sektor pertanian Aceh.
Ajakan itu disampaikan Zaini Abdullah dalam acara panen raya padi binaan PT. PIM di Desa Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa, 1 September 2015.
Dalam sambutannya Zaini mengatakan, dari 5,7 juta penduduk Aceh, 70 persennya adalah petani padi, jagung, kedelai dan berbagai tanaman lainnya.
“Saat ini Aceh memiliki luas sawah mencapai 347.280 hektar. Sektor ini menyumbang kontribusi cukup signifikan bagi PDRB, jauh lebih besar dibanding sektor lainnya,” kata Zaini.
Zaini Abdullah juga menyatakan bahwa setiap tahun rata-rata Aceh memproduksi padi sebanyak 2 juta ton. Dari jumlah itu, 1,65 juta ton dikonsumsi masyarakat Aceh.
“Sisanya, sekitar 359 ribu ton kita kontribusikan untuk kebutuhan pangan nasional,” katanya.
Dengan gambaran itu, kata Zaini Abdullah, Aceh menjadi kawasan surplus beras yang bisa mendukung ketersediaan pangan nasional.
“Dua tahun ke depan, sektor pertanian Aceh diharapkan semakin berkembang, sehingga produk padi Aceh bisa mendekati 2,5 juta ton pertahun,” harap Gubernur Aceh.
Tampak hadir di kegiatan itu Wakil Ketua DPR Aceh, Sulaiman Abda, Panglima Kodam Iskandar Muda, Wakapolda Aceh, Wakil Bupati Aceh Besar, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, dan Pimpinan PT Pupuk Iskandar Muda.[] (ihn)