Direktur PT Pelindo I: Baru Dua Importir yang Beraktivitas di Pelabuhan Krueng Geukueh

BANDA ACEH – Direktur PT Pelindo I Cabang Lhokseumawe, Wayan, mengatakan baru dua importir yang beraktivitas di Pelabuhan Krueng Geukuh sejak dibuka 2013 lalu.

“Satu importir dengan menggunakan kapal kayu dan satu importir yang menggunakan kapal peti kemas,” katanya dalam rapat dengan Komisi I DPR Aceh, Senin, 29 Juni 2015.

Wayan mengatakan saat ini pihaknya sudah memberikan kemudahan-kemudahan bagi para importir, sehingga barang-barang yang selama ini diekspor melalui pelabuhan di luar Aceh mau dialihkan ke Pelabuhan Krueng Geukuh.

Namun dia menilai hingga kini belum terlihat adanya kebijakan yang memudahkan importir di Aceh. “Sehingga Pelabuhan Krueng Geukuh yang baru mencoba untuk bergerak belum menjadi pilihan para pengusaha,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh, Saifullah, mengatakan pihaknya tidak pernah membedakan perlakuan antara importir pengguna kapal kayu dengan importir pengguna peti kemas.

“Oleh karena itu saya berharap kepada pihak DPR Aceh agar mendorong pengusaha Aceh untuk melakukan aktivitas ekspor-impor melalui Pelabuhan Krueng Geukuh,” katanya.[](bna)

Leave a Reply