Dinas Peternakan Aceh Timur Laksanakan Program GBIB untuk 3000 Sapi

IDI RAYEUK – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Timur laksanakan program Gertak Birahi dan Inseminasi Buatan (GBIB) di gampong-gampong dalam kabupaten itu. Kegaiatan tersebut direalisasikan 6-21 Oktober 2015.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Timur, Ir. Samsul Bahri melalui Kabid Produksi Hewan, Drh. Mahdi, mengatakan program GBBI untuk percepatan peningkatan produksi dan mengatasi masalah kesulitan bunting (hamil) untuk ternak.

“Ini program pusat yang sebelumnya dinamakan sinkronisasi bibit ternak. Di Aceh Timur, GBBI sedang kita laksanakan di tiga UPT, terdiri dari wilayah Simpang Ulim, Idi Rayeuk, dan Sungai Raya,” ujarnya kepada portalsatu.com di ruang kerjanya, Rabu, 7 Oktober 2015.

Mahdi menyebut sasaran GBIB di Aceh Timur mencapai 3.000 sapi atau masing-masing wilayah UPT  1.000 sapi guna meningkatkan produksi ternak masyarakat.

Menurut Mahdi, selama ini masyarakat masih mengandalkan proses kawin ternaknya secara alami yang membutuhkan waktu tidak menentu. Kini hal itu digantikan dengan singkronisasi (kawin suntik) agar hasil produksi ternak lebih optimal dan merata.

“Kita sudah sosialisasikan program ini kepada masyarakat agar bisa beternak mengunakan metode teknologi seperti GBBI. Kegaiatan ini juga dihadiri tim Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh. Kita berharap program ini bisa menghasilkan bibit inseminasi buatan yang optimal untuk peningkatan produksi ternak masyarakat,” katanya.[]