Efek konflik Suriah, Libanon tunda pemilihan umum

PARLEMEN Libanon akhirnya memutuskan menunda pemilihan umum lantaran khawatir dengan keamanan akibat konflik di negara tetangganya Suriah.

Stasiun televisi BBC melaporkan, Sabtu 1 Juni 2013, lewat pemungutan suara 97 dari 128 orang parlemen sepakat untuk menahan sementara pemilu seyogyanya bulan ini jadi November tahun depan.

Konflik di Suriah memang menjadi perhatian Libanon sebab salah satu partai politik negara itu Hizbullah turut ambil bagian melawan pemberontak dan berada di barisan pro-Presiden Basyar al-Assad.

Tak hanya itu, kekerasan sektarian terkait Suriah juga meningkat di Libanon. Warga negara itu kini telah menjadi dua kubu, penentang dan pendukung Assad.

Faktor lain menyebabkan pemilu ditunda juga kegagalan parlemen menyetujui beleid baru soal pemilu. Banyak warga kecewa mengetahui pesta demokrasi ini diundur.

Di luar gedung parlemen di Ibu Kota Beirut, demonstrasi rakyat kecewa melempari mobil dan foto wakil rakyat dengan tomat. Mereka juga membawa tiga peti mati dibalut bendera negara itu.

"Dengan ini kami menyatakan demokrasi telah mati," teriak para pengunjuk rasa.[] sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply