Dubes Blake: Perlakuan Amerika Terhadap Umat Muslim Sama Saja

Dubes Blake: Perlakuan Amerika Terhadap Umat Muslim Sama Saja

JAKARTA – Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake menyatakan Islam merupakan agama terbesar kedua di sana. Hal itu yang membuat Islam diterima dan dihormati di negara adidaya tersebut.

Dalam acara di pusat kebudayaan AS, atamerica di kawasan SCBD, Jakarta kemarin (9/7), Dubes Blake mengatakan orang-orang beragama Islam di AS diperlakukan sama seperti warga negara lainnya. Tidak ada yang dibeda-bedakan.

“Banyak komunitas muslim di Amerika, seperti di Minnesotta, New York, dan Washington DC,” ujar Dubes Blake, saat membuka acara Muslim In America.

Dalam acara tersebut diputar video yang memperlihatkan perlakuan warga Amerika Serikat pada umat muslim di sana.

“Dalam video yang nanti akan diputar, terlihat bagaimana perlakuan masyarakat AS terhadap komunitas muslim, bagaimana mereka menghormati masyarakat muslim di sana, dan bagaimana muslim sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat AS,” lanjut dia.

Menurut dia, Negeri Paman Sam dan Indonesia tidak terlalu berbeda. Di beberapa bagian, ada tantangan untuk Indonesia dalam menghadapi kelompok-kelompok yang berusaha mengganggu ketentraman hidup antar umat beragama.

Dari pandangan yang dia lihat selama menjadi duta besar di Indonesia, kelompok-kelompok seperti itu tidak dapat tempat di masyarakat. Hal serupa sama dengan di AS ketika ada pemboman WTC yang dikenal dengan tragedi 9/11, ,menurut Dubes Blake, hal tersebut tidak mendapat tempat dalam masyarakat AS.

“Kita malah mengecam peristiwa tersebut, namun perlakuan kita terhadap umat muslim sama saja. Tidak menjadi berbeda dari sebelumnya,” ujar dia.[] sumber: merdeka.com

Leave a Reply