Dua Tahun Lagi, Ada Uang Rp1 Sen di Indonesia

BANDA ACEH – Kementerian Keuangan merencanakan penyederhanaan nilai mata uang Rupiah pada tahun 2014.

Seperti dilansir portal berita merdeka,com, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto mengatakan, jika proses legitimasi berjalan lancar maka penggunaan dua mata uang akan dilakukan mulai 2014 atau dua tahun lagi.

Penyederhanaan mata uang tersebut, kata Agus seperti mata  uang Rp100 ribu akan diganti dengan mata uang Rp100 baru. Ada juga mata uang Rp50 baru untuk menggantikan mata uang Rp50 ribu lama, mata uang Rp20 ribu lama akan digantikan dengan mata uang Rp20 baru, begitu pula dengan mata uang Rp10 ribu akan diganti dengan mata uang Rp10 baru.

Untuk mata uang Rp5 ribu lama, Kementerian Keuangan juga akan menggantikan dengan Rp5 baru, Rp 2.000 diganti dengan Rp2. Sementara untuk uang Rp 1.000 akan diganti dengan mata uang Rp1 baru. Khusus mata uang ini akan dipakai jenis logam.

Kemudian Rp50 sen akan menggantikan mata uang Rp500, mata uang Rp20 sen akan menggantikan Rp200 lama, dan  mata uang Rp10 sen akan menggantikan mata uang Rp100 lama. Indonesia juga akan memakai mata uang terkecil Rp1 sen untuk hitungan Rp10 lama.

Menurut Agus, yang membedakan antara mata uang baru hasil redenominasi dan mata uang saat ini adalah kata-kata dalam uang tersebut. Sedangkan untuk gambar tetap sama agar masyarakat tidak kesulitan dan binggung.[bna]

  • Uncategorized

Leave a Reply