Dua Daerah Ini Punya Dayah Tipe A Terbanyak di Aceh

Dua Daerah Ini Punya Dayah Tipe A Terbanyak di Aceh

BANDA ACEH – Dua kabupaten di Aceh yaitu Pidie Jaya dan Bireuen termasuk dua daerah yang memiliki dayah tipe A terbanyak di Provinsi Aceh. Ini berdasarkan jumlah yang terdata di Badan Pendidikan dan Pembinaan Dayah Provinsi Aceh.

Kabid Data dan Program Badan Pendidikan dan Pembinaan Dayah Provinsi Aceh, Syamsul Bahri, mengatakan Pidie Jaya dan Bireuen masing-masing memiliki delapan dayah, diikuti Aceh Besar enam dayah dan Aceh Utara lima dayah.

Berikutnya di Aceh Timur dan Aceh Tenggara masing-masing terdapat tiga dayah, Aceh Selatan dan Aceh Singkil masing-masing dua dayah, serta Aceh Tamiang dan Aceh Jaya masing-masing satu dayah. Dayah-dayah yang disebutkan di atas tergolong dalam kategori tipe A.

“Dayah-dayah yang terdapat di daerah tersebut adalah sebagian besarnya dayah-dayah besar di Aceh,” katanya kepada portalsatu.com di ruang kerjanya pagi tadi, Senin, 29 Juni 2015.

Syamsul mencontohkan, dayah-dayah besar tersebut adalah Dayah Al-Furqan, Dayah Jeumala Amal, dan Dayah Darul Munawwarah Putra Putri yang terdapat di Pidie Jaya.

Sementara di Bireun ada Dayah Al Madinatut Diniyyah, Dayah Babussalam Putra Putri, Dayah Al Aziziyah dan Dayah Ummu Aiman. Serta Dayah Ulumuddin, Dayah Modern Yapena (terpadu) yang terdapat di Lhokseumawe.

“Dayah-dayah yang saya sebutkan tersebut, sebagian besarnya adalah dayah-dayah besar di Aceh,” ujarnya.[] (ihn)

Foto: Aktivitas di Dayah Rahmatul Huda di Lhoksukon, Aceh Utara @portalsatu.com/Zulkifli Anwar

Leave a Reply