DPRK Ingatkan Pemko Agar Segera Perbaiki Saluran Drainase

DPRK Ingatkan Pemko Agar Segera Perbaiki Saluran Drainase

BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh diminta untuk segera memperbaiki saluran drainase di daerah tersebut. Saluran drainase yang tidak maksimal diduga menjadi penyebab seringnya air tergenang di badan jalan saat curah hujan tinggi di Banda Aceh.

“Kami meminta agar Pemko lebih memprioritaskan pemeliharaan drainase, sehingga dapat mengurangi terjadinya genangan air di badan jalan dan rumah penduduk,” kata Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhilah, S.Ikom kepada portalsatu.com, Kamis, 30 April 2015.

Arif mengatakan selain permasalahan perawatan drainase yang buruk, genangan air juga disebabkan banyaknya masyarakat yang membuang sampah ke dalam aliran parit.

“Tingkat pembuangan sampah ke saluran drainase dan di badan jalan yang semakin bertambah banyak dapat menggangu aliran air sehingga dengan mudah membuat aliran air di saluran parit terganngu dan mengakibatkan genanangan di ruas jalan,” ujarnya.

Menurutnya DPRK sudah memberitahukan hal tersebut kepada Pemko Banda Aceh agar meningkatkan perbaikan saluran drainase untuk kenyamanan kota. DPRK juga sudah memberikan teguran terkait hal tersebut dalam rapat pandangan akhir fraksi yang menyorot masalah penanganan banjir dan drainase.

“Kalau satu jam hujan lalu Ibukota Provinsi Aceh sudah banjir, bagaimana jika sampai terjadi hujan deras selama lima jam,” ujarnya.[](bna)

Keterangan foto: ilustrasi air tergenang di badan jalan. Sumber foto: antaranews.com

Leave a Reply