DPR Aceh: Penanganan Pasien Thalassemia Harus Merata

DPR Aceh: Penanganan Pasien Thalassemia Harus Merata

BANDA ACEH – Anggota DPR Aceh, Ismaniar, meminta pemerintah Aceh dan pemerintah daerah tingkat II untuk memberikan perhatian khusus kepada penderita penyakit Thalassaemia.

Thalassemia adalah kelainan darah yang diturunkan melalui keluarga (diwariskan). Dimana tubuh membuat membuat bentuk abnormal hemoglobin/HB (protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen). Gangguan tersebut mengakibatkan kehancuran yang berlebihan pada sel darah merah yang mengarah ke anemia.

Di Aceh, penanganan thalassemia cuma bisa dilakukan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

“Kita minta supaya penanganan penyakit ini harus merata dan tidak berpusat di Banda Aceh saja,” Kata Ismaniar ketika mengunjungi penderita penyakit Thalassaemia di RSUD Zainal Abindini,  Banda Aceh, Senin 30 Maret 2015.

Kepada Ismaniar, penjaga rumah sakit mengatakan obat untuk penderita Thalassaemia cukup mahal, Dan itu sebabnya untuk pengobatan dilakukan di RSUZA.

“Kalau kita lihat penderita Thalassaemia, mereka nampak sehat-sehat.  Makanya, sebelum menikah sebaiknya calon suami istri periksa  darah terlebih dahulu,” kata Ismaniar.

Thalassaemia terjadi akibat perkawinan dimana suami  dan istri memiliki benih penyakit Thalassaemia, dan biasanya mereka tetap terlihat sehat bahkan ikut donor darah. Akibatnya, penyakit turun pada anak.

Saat ini tercatat ada 500 lebih masyarakat Aceh menderita Thalassaemia. [] (mal)

Leave a Reply