DPR Aceh Bakal Bentuk Pansus Bendera

DPR Aceh Bakal Bentuk Pansus Bendera

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh bakal segera membentuk Pansus soal bendera. Hal ini dinilai penting agar polemic tentang bendera Aceh bisa segera selesai.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi I DPR Aceh, Abdullah Saleh, kepada portalsatu.com, Kamis 20 Agustus 2015.

“Dalam waktu kita akan duduk untuk membentuk Pansus soal bendera. Ini agar persoalan bendera Aceh tak berlarut,” kata Abdullah Saleh.

Pansus, katanya, akan memanggil pihak terkait soal bendera Aceh. “Termasuk meluruskan persoalan ini dengan pemerintah pusat,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Abdullah Saleh juga mengatakan pengesahan qanun bendera merupakan hasil kesepakatan antara legislative dan eksekutif Aceh. Sayangnya, dalam penerapan qanun tersebut, hanya legislative yang bergerak di depan.

“Qanun ini (bendera-red) disahkan oleh DPR Aceh dan gubernur. Gubernur yang menandatangani. Kemudian baru dilembar-Aceh-kan,” kata Abdullah Saleh, kepada portalsatu.com, Kamis 20 Agustus 2015.

Anehnya, kata Abdullah Saleh, dalam berjalannya waktu, implementasi qanun ini hanya dilaksanakan oleh DPR Aceh. Sementara eksekutif tak bergerak sama sekali.

“Ini jadi persoalan. Draf perubahan qanun juga tak diajukan. Padahal ini adalah tanggungjawab bersama. DPR Aceh dan eksekutif Aceh,” ujar kader Partai Aceh ini. [] (mal)

Leave a Reply