Doto Zaini Potong Padi Raya di Pidie Jaya

MEUREUDU – Gubernur Aceh  dr. Zaini Abdullah lakukan pemotongan padi di Desa Dayah Kruet, Pidie Jaya, Sabtu, 13 Oktober 2012. Kegiatan itu dalam rangka ”Panen Raya Padi Sawah Musim Tanam Salah Musim” atau  lazim disebut MT. Gado dalam bidang  pertanian.

Selain memotong padi,  Doto Zaini sempat mencoba menjalankan combain, mesin pemotong sekaligus perontok padi milik Nazaruddin, pengusaha Rumah Makan Cot Trieng. Sejumlah masyarakat  Pidie Jaya yang hadir bersorak-sorai penuh kebahagian manakala mesin tersebut turut dinaiki Gubernur Aceh Doto Zaini Abdullah, Bupati Pidie Jaya Drs. H.M. Gade Salam, dan Ketua DPRK Pidie Jaya Saiful Bahri.

“Teknologi kita perlukan untuk meningkatkan hasil panen, memperpendek masa pemanenan, namun kehadiran alat ini pastinya akan memunculkan ekses sosial karena akan mengurangi lahan pekerjaan,” ujar Doto Zaini dalam kata sambutannya.

Doto Zaini juga memuji kepemimpinan Gade Salam. Menurut Zaini, Pidie Jaya terangkat namanya karena peran yang mumpuni dari bupati tersebut. Sehingga masyarakat tani dapat memperbaiki taraf kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

”Pidie Jaya terangkat namanya dari sektor pertanian, ini karena kepemimpinan Teungku Gade Salam yang baik dan adil tentunya. Tapi, panen yang baik dan sempurna juga karena andil para petani: abu-abu, umi-umi,” kata laki-laki kelahiran Trubue, Beureunuen, tersebut.

Efek dari ketercapaian pendapatan yang menguntungkan petani, ke depan, kata Doto Zaini, masyarakat tidak lagi berharap-harap cemas untuk selalu menjadi pegawai negeri sipil karena berpikir di sanalah lumbung uang.

”Hasil pertanian, dibandingkan hasil-hasil dagang, hasil kantor atau pegawai negeri, kita tahu lebih banyak bersihnya daripada kecurangaan-kecurangannya. Kalau hasil dagang, hasil kantor itu banyak celahnya untuk terjadinya kecurangan-kecurangan. Jadi, kalau pun kita mau naik haji dengan hasil pertanian, maka kemungkinan haji kita pun adalah haji mabrur,” jelas gubernur.

Pemotongan padi tersebut ditonton oleh ribuan warga. Sebab, inilah kali pertama Doto Zaini baru sempat singgah di Pidie Jaya paska kemenangan "ZIKIR" dalam pilkada Aceh.

Dalam kesempatan itu gubernur juga menyerahkan secara simbolis 1 handtractor untuk kelompok tani Desa Dayah Usen, 1 unit treaser untuk kelompok tani Desa Dayah Kruet, dan 100 sak semen serta 20 mushaf Alquran kepada Balai Pengajian Irsyadul Ulum –Al Aziziyah Desa Dayah Kruet.[yas]

  • Uncategorized

Leave a Reply