Doto Zaini Optimis Wisatawan Dongkrak Perekonomian Warga

GUBERNUR Aceh Zaini Abdullah meyakini pelaksanaan Festival Sabang Fair (FSF) 2014 akan membawa dampak positif kepada ekonomi masyarakat Sabang. Dia juga terus mendorong adanya penerbangan langsung dari dan ke Sabang melalui bandara terdekat seperti Kuala Namu dan Soekarno-Hatta.

“Atau lebih luas lagi koneksi langsung melalui bandara di Malaysia, Singapore dan Thailand,” kata Zaini Abdullah, dalam amanatnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Sekda Aceh Iskandar A Gani, saat membuka FSF 2014 di Taman Sabang Fair, Pulau Weh Kota Sabang, Rabu, 18 Juni 2014 siang.

Menurutnya banyak alasan menjadikan Sabang layak sebagai destinasi wisatawan dunia. Salah satunya selain budayanya yang masih kental juga lokasinya yang indah dengan berbagai sarana wisata yang lengkap.

“Sabang tidak hanya terkenal dengan wisata bahari, tapi juga wisata alam lainnya. Tak heran jika setiap tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini terus meningkat,” katanya.

Pemerintah Aceh menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut, khususnya Sabang, naik menjadi satu juta wisatawan pada 2017 mendatang. Dari jumlah tersebut, kata dia, sebanyak 100 ribu di antaranya merupakan wisatawan asing.

Gubernur Zaini mengharapkan dengan semakin banyaknya wisatawan turut mendongkrak transaksi ekonomi di tingkat masyarakat, sehingga pada akhirnya program ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Untuk itu, kualitas pelayanan dan penyambutan tamu harus kita tingkatkan sehingga para wisatawan betah tinggal di sini dan menjadikan Sabang sebagai rumah kedua setelah kampung halamannya,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply