Dosen AKN Aceh Barat Daya Ikut Lokakarya Kurikulum

30 dosen Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat Daya mengikuti lokakarya kurikulum yang dibuat di Sekretariat AKN Abdya, Blangpidie Rabu 17-18 September 2014.

Materi lokakarya disampaikan akademisi dari Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh, Sumatera Barat Soemarsono.

Wakil Koordinator AKN Aceh Barat Daya Sarjanuddin mengatakan, lokakarya ini digelar untuk menyamakan persepsi para dosen tentang kurikulum dua program studi, yakni Teknologi Pangan dan Teknologi Hasil Pertanian.

Para dosen AKN Aceh Barat Daya umumnya para Pegawai Negeri Sipil dari beberapa dinas, yang direkrut sesuai dengan keahlian bidang studi masing-masing. "Mereka sudah mendapat izin dari atasan untuk mengajar,” ujar Sarjan, kepada ATJEHPOST.co melalui siaran pers.

Setelah lokakarya selesai, kata dia, semua nama dosen akan dikirim ke Politani. “Nanti Politani yang menentukan siapa mengajar mata kuliah apa, setelah dipadukan dengan dosen-dosen dari sana," ujar Sarjan.

Pembantu Koordinator I Bidang Akademik AKN Aceh Barat Daya, Husni, menjelaskan, setiap mata kuliah nantinya diajarkan oleh beberapa dosen yang tergabung dalam tim. "Minimal dua dosen, jadi bisa mengajar secara bergantian," kata Husni.

Untuk kurikulum awal, diadopsi dari Politani Payakumbuh yang berstandar nasional dengan menambahkan satu mata kuliah muatan lokal tentang keistimewaan Aceh. "Mata kuliah ini kemungkinan diisi oleh dosen tamu seperti Bupati Aceh Barat Daya. Materinya masih dirancang," katanya.

Dosen yang ikut lokakarya tersebut diharapkan bisa membuat Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP). Selain itu juga paham tentang kurikulum dan mengetahui cara membuat penilaian untuk mahasiswa.

Senat AKN Aceh Barat Daya, Hermansyah, menambahkan, para dosen harus dapat menyusun modul setiap mata kuliah sebagai bahan teori untuk mahasiswa. "Mereka juga dapat mengarahkan mahasiswa mampu menguasai keahlian dari setiap program studi."

Setelah lokakarya untuk dosen, AKN Aceh Barat Daya langsung menggelar orientasi untuk mahasiswa baru. Orientasi digelar selama tiga hari di Kampus Cot Mane dan SMK Tangan-tangan.

Kuliah perdana dimulai pada 22 September. Jadwal kuliah setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Sebelumnya, pada Minggu 7 September 2014, AKN Aceh Barat Daya juga telah menggelar ujian masuk untuk 344 calon mahasiswa yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, 120 mahasiswa lulus seleksi: 60 untuk jurusan Teknologi Hasil Perikanan dan 60 orang lagi di jurusan Teknologi Pangan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply