Ditanya Perkara Mantan Dirut PDPA, Begini Reaksi Ketua PTUN Banda Aceh

PENASEHAT hukum mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) Syukri Ibrahim mengatakan malam ini adalah tenggat waktu terakhir bagi Gubernur Aceh Zaini Abdullah untuk melaksanakan putusan pengadilan agar mengembalikan posisi Syukri sebagai Dirut PDPA. 

ATJEHPOST.com berusaha mengonfirmasi kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh, Herisman. Namun, ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya pada Senin sore, 9 Juni 2014, Herisman menolak memberi keterangan dengan alasan sudah di luar jam kerja. 

"Besok saja ke kantor, soalnya itu masalah dinas. Nanti tidak enak mencampuri urusan dinas. Saya sekarang sudah di rumah," kata Herisman. Tak lama kemudian sambungan telepon terputus. 

Dalam surat salinan penetapan  yang ditandatangi oleh Herisman pada 13 Maret 2014 disebutkan, PTUN Banda Aceh menolak permohonan kasasi yang diajukan Gubernur Aceh dalam perkara pemecatan Syukri Abdullah. Salah satu alasannya, permohonan kasasi yang diajukan pada 6 Februari 2014 tidak memenuhi syarat lantaran surat pemecatan itu dikeluarkan oleh pejabat daerah. Itu sebabnya, dianggap tidak memenuhi syarat untuk diajukan ke Mahkamah Agung. 

Dengan penolakan itu, maka putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan pada 18 Desember 2013 yang menguatkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh telah memiliki ketetapan hukum. 

Sebelumnya, pada 12 Juli 2013 majelis hakim yang dipimpin oleh Hakim Ketua Fajar Shiddiq Arfah memenangkan gugatan Syukri. Dalam keputusannya, majelis hakim membatalkan tindakan Gubernur Aceh yang memecat Syukri Abdullah.  Tindakan itu, menurut majelis hakim, cacat prosedur dan tidak memiliki alasan yang jelas. Itu sebabnya, majelis hakim “menghukum Tergugat (Gubernur Aceh) untuk merehabilitasi penggugat pada jabatan semula.” 

Namun, hingga malam ini putusan tersebut belum dilaksanakan.[]

Berita terkait:
Malam ini, Batas Akhir Gubernur Aceh Kembalikan Posisi Dirut PDPA yang Dipecat

Syukri Ibrahim: Jangan Sampai Gubernur Aceh Dianggap Melawan Hukum  

  • Uncategorized

Leave a Reply