Disdukcapil Bireuen Distribusikan 153.761 E-KTP

BIREUEN – Sebanyak 153.761 lembar Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bireuen yang sudah dicetak diserahkan kepada warga melalui kantor camat di 17 kecamatan sejak beberapa hari lalu. Sisanya sekitar 79.000 lembar belum selesai dicetak dan dikirimkan dari Jakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen Muzakkir Azis menjawab The Atjeh Post, Jumat 13 Juli 2012 mengatakan jumlah yang sudah dicetak dan diserahkan kepada warga itu bagian dari jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP di Kabupaten Bireuen sebanyak 233.731 orang.

“Berarti sekitar 65 persen yang sudah melakukan perekaman data untuk kartu identitas penduduk terbaru itu sudah dicetak dan sedang diserahkan kepada warga,” ujar Muzakkir. Sementara jumlah total wajib KTP di Kabupaten Bireuen sesuai dengan kontrak sebelumnya sebanyak 251.420 orang.

Sesuai dengan data itu, sebut Muzakkir, kini ada sekitar 17.000 lebih penduduk Kabupaten Bireuen yang wajib KTP belum melakukan perekaman data e-KTP. Kemungkinan mereka adalah warga Bireuen yang bekerja di luar daerah atau berada di luar negeri atau karena suatu sebab belum melakukan perekaman data.

“Bagi yang belum melakukan perekaman data, kini setiap kecamatan masih melakukan pendataan dan sampai kini masih melayani perekaman data,” ujar Muzakkir.

Ditanya soal kutipan yang dilakukan oknum di setiap kantor camat dengan jumlah tertentu saat warga mengambil e-KTP. Muzakkir mengatakan sebenarnya sejak awal sudah diintruksikan supaya tidak ada bentuk kutipan apapun kepada warga sejak perekaman e-KTP hingga produk kartu identitas yang dilengkapi microchip itu diserahkan.

“Kalaupun ada kutipan uang kepada pemegang e-KTP itu kebijakan kecamatan, tetapi sejauah ini belum ada laporan dari warga, kalaupun ada pengutipan hanya dalam jumlah yang tidak ditentukan, sebenarnya tidak boleh juga sebab sudah disediakan dana, ” katanya.

Muzakkir menyebutkan setiap pemegang e-KTP harus datang sendiri ke Kantor Camat untuk mengambil kartu identitas itu sebab sebelum diserahkan pemegang e-KTP diharuskan meletakkan telunjuknya pada alat pembaca untuk mencocokkan dengan data yang ada di sistem. []

  • Uncategorized

Leave a Reply