Dinas Pertambangan Aceh Barat Setuju Soal Pemakaian Batubara Lokal

MEULABOH – Perusahaan pengelola pertambangan PT Mifa yang beroperasi di Aceh Barat, saat ini sedang melakukan penjajakan dengan PT Semen Andalas untuk pemasaran hasil alam tersebut.

Bahkan, perusahaan ini telah mengirimkan sampling (contoh) kepada perusahaan Semen Andalas sebesar 9 matrix ton.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertambangan, Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Aceh Barat, Zulkarnain, Rabu 19 September 2012.

Menurut Zulkarnain, selain melakukan penjajakan dengan PT SAI, perusahaan tersebut juga sudah meminta Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang beroperasi di Nagan Raya untuk membeli batubara dari lokal.

Sehingga putaran ekonomi dari sektor non migas berupa batubara beredar di Aceh bukan dari luar daerah. "Saat ini, PT PLN melakukan pasokan batubara dari Kalimantan," kata dia.

Hal ini, justru sangat disesalkan oleh Zulkarnain. Pasalnya, dengan mengambil batu bara dari Kalimantan akan membuat pertumbuhan ekonomi Aceh sedikit terhambat.

Masih menurut Zulkarnain, alasan PLN memakai batubara dari Kalimantan karena jumlah kalorinya mencapai 6.000 lebih. Hal ini sesuai dengan kerjasama pihak PLN Pusat dengan salah satu perusahaan pengelola PLTU dari China. Kata dia, dimana mesin pengolahan tenaga uap milik PLTU yang dibangun saat ini bertenaga kalori tinggi.

Pun demikian, kata Zulkarnain, Pemerintah Daerah Aceh Barat sudah meminta kepada pihak PLN agar menurunkan spesifikasi mesin pengolaha tenaga uap bahan PLTU tersebut dengan tenaga rendah atau sedang.

"Sehingga nantinya PLTU yang beroperasi di pantai barat bisa membeli batubara produksi lokal," ujar dia.

Saat ditemui The Atjeh Post, Zulkarnain juga menghimbau agar perusahaan pertambangan batubara yang selama ini memiliki Izin eksplorasi dan eksploitasi di Aceh Barat segera mengurus izin produksi.[]

Catatan redaksi : artikel ini telah dikoreksi pada Rabu 19 September 2012 pukul 20.18 WIB. Sebelumnya pada judul tertulis "PT Mifa Dituduh Membajak Pemakaian Batubara Lokal dengan Perusahaan di Aceh", seharusnya : "Dinas Pertambangan Aceh Barat Setuju Soal Pemakaian Batubara Lokal".

  • Uncategorized

Leave a Reply