Dinas Pendidikan Gayo Lues bikin juknis atasi kepala sekolah nakal

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Gayo Lues mulai membuat petunjuk teknis untuk tahapan penerimaan siswa baru. Hal tersebut dituangkan ke dalam surat edaran yang harus ditaati oleh setiap sekolah menengah lanjutan di Kabupaten Gayo Lues.

Surat edaran ini berisi tentang bagaimana sistem penerimaan siswa baru seperti daya tampung dan proses penilaian seleksi masuk ke sekolah. Saat ditemui ATJEHPOSTcom, Saiful Amru Kasi Pendidikan Lanjutan tingkat SMA mengatakan petunjuk teknis yang dituangkan ke dalam surat edaran tersebut berfungsi untuk mengatasi menumpuknya siswa di beberapa sekolah.

“Ada beberapa sekolah di Gayo Lues yang sebagian kekurangan siswa, sedangkan ada sekolah yang memang siswa berlebih (over kapasitas). Tetapi kepala sekolah tersebut tetap menerimanya,” ujar Saiful pada Kamis 27 Juni 2013.

Menurutnya sistem penilaian penerimaan siswa baru dibuat agar seleksi penerimaan betul-betul murni dan tidak merugikan semua pihak. "Juga kita tentukan daya tampung untuk masing-masing sekolah agar para siswa bisa belajar dengan nyaman."

Merujuk pada Peraturan Menteri Diknas Nomor 41 Tahun 2007 bahwa daya tampung siswa per kelas maksimal hanya 32 orang. Jika ada sekolah yang melebihi kuota yang ditentukan tersebut, kata dia, pihaknya akan memberikan sanksi kepada kepala sekolah.

"Jika kemudian hari ada penambahan siswa di luar sepengetahuan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gayo Lues, kita tak bertanggung jawab," katanya.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply