Dinas Pendidikan Banda Aceh terapkan pendaftaran online siswa SMP

MULAI tahun ajaran 2013-2014, Dinas Pendidikan Banda Aceh menerapkan pendaftaran siswa tingkat SMP, SMA dan SMK, secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Syaridin, mengatakan, pendaftaran online dilakukan secara serentak sejak 17 Juni hingga 22 juni 2013.

“Untuk SD waktunya juga sama namun belum dibuka dengan cara online,” ujarnya kepada ATJEHPOST, Sabtu 11 Mei 2013.

Tahun sebelumnya, kata Syaridin, pendaftaran secara online hanya dilakukan untuk siswa SMA dan SMK.

Keuntungan pendaftaran online, kata dia, siswa cukup mendatangi satu sekolah saja. "Di sana nanti akan disediakan aplikasi pendaftaran. Siswa dapat memilih sekolah utama yang dituju dan sekolah cadangan," ujar Syaridin.

Apabila nanti nilai siswa tidak mencukupi di sekolah utama, kata dia, saat pengumuman siswa bisa melihat sekolah cadangan mana yang akan ditempati. “Nanti panitia yang akan seleksi penempatannya,” ujar Syaridin.

Aplikasi pendaftaran online yang disediakan di setiap SMP, SMA dan SMK, kata dia, akan diparalelkan dengan Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. "Secara bersamaan juga langsung terkoneksi ke Pusat Teknologi Komunikasi dan Pendidikan atau Pustekomdik Kementerian Pendidikan," ujarnya.

Menurut Syaridin, di Aceh pendaftaran online baru diberlakukan di Banda Aceh saja.

Jumlah siswa yang akan ditampung, kata dia, tidak dibatasi lantaran dinas memberlakukan program universal sesuai program belajar 12 tahun.

"Namun yang paling utama dalam menampung siswa baru diutamakan masyarakat Banda Aceh. Jika jumlah siswa yang berasal dari Banda Aceh sudah tertampung semua, kita buka untuk yang di luar daerah dengan kuota terbatas,” ujarnya.

Selain itu, kata Syaridin, penerimaan siswa secara online tidak berlaku untuk SMA 10 Fajar Harapan dan SMP 10 Percontohan, lantaran kedua sekolah itu berlaku sistem tes bagi calon siswa.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply