Dinas Pendidikan Aceh minta siswa tidak salah memilih perguruan tinggi

DINAS Pendidikan Aceh meminta para siswa SMA yang sebentar lagi melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2013 di Aceh untuk lebih teliti dalam memiliki perguruan tinggi. Pasalnya, kesalahan fatal dalam memilih perguruan tinggi akan berimbas dengan masa depan para siswa tersebut nantinya.

"Dinas Pendidikan Aceh telah melakukan sosialisasi terhadap pelajar SMA, agar memilih jurusan kuliah nantinya dengan sebaik mungkin. Hal ini akan lebih baik ketika Perguruan Tinggi Swasta (PTS) memiliki Kapasitas yang unggul," ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam, kepada ATJEHPOSTcom, Rabu 27 Februari 2013.

Menurut Anas, masyarakat juga perlu mengetahui kalau Perguruan Tinggi (PT) bukan berada di bawah Dinas Pendidikan Aceh. “Dinas Pendidikan hanya dapat melakukan rekomendasi terkait dengan peguruan tinggi,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Anas M Adam juga mengatakan bahwa kampus swasta yang hanya bermodalkan Rumah Toko (Ruko) banyak yang tidak jelas akreditasinya. Keberadaan kampus swasta seperti itu (kampus Ruko-red) juga dianggap sebagai salah satu penyebab memburuknya mutu pendidikan di Provinsi Aceh.

"Kampus tidak boleh seperti toko. Bukan kampus jika di toko, tapi kursus,” ujar Anas M Adam, kepada ATJEHPOSTcom, di Gedung B Dinas Pendidikan Aceh, Selasa 26 Februari 2013.

"Namun saat ini memang banyak, kampus-kampus yang gedungnya berupa toko. Tapi,  kebanyakan pihak kampus telah melakukan perjanjian dengan Kemendikbud. Perjanjian ini, gedung toko hanya sementara. Kebanyakan juga kampus yang seperti itu, akreditasinya masih belum jelas," ujar Anas M Adam lagi.(mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply