Dinas Kesehatan Pidie kekurangan dokter gigi

KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, drg. Mohd Riza Faisal, mengatakan saat ini Pidie memiliki 26 unit Puskesmas, 70 Puskesmas Pembantu yang tersebar di 23 kecamatan, satu unit Rumah Sakit Umum Ibu dan Anak di Beureuneun dan satu unit BLUD RSU Sigli.

“Sebanyak 1.537 tenaga medis yang dimiliki dan 37 orang tenaga non kesehatan, jumlah tenaga tersebut tersebar di Puskesmas, Pustu dan RSU Ibu dan Anak Bereuneun. Tidak termasuk tenaga yang ada di RSU Sigli,” kata Riza Faisal kepada ATJEHPOSTcom, Jumat 12 April 2013.

Dia mengatakan tenaga medis tersebut terdiri dari 57 dokter umum, 33 berstatus PNS, 24 berstatus pegawai tidak tetap (PTT), dan 5 orang tenaga dokter gigi. Untuk tenaga bidan ada 617 orang, 226 berstatus PNS dan 291 berstatus PTT.

“Sedangkan tenaga perawat berjumlah 317 orang dan tenaga kesehatan masyarakat berjumlah 486 orang. Untuk tenaga laboratorium kita hanya memiliki 10 orang, teknisi medis 10 orang, tenaga farmasi 17 orang dan tenaga gizi berjumlah 18 orang,” kata Faisal.

Menurutnya, dalam melayani masyarakat Dinas Kesehatan Pidie masih kekurangan tenaga medis untuk dokter gigi, tenaga farmasi dan tenaga gizi. “Idealnya kita memiliki tenaga tersebut di tiap-tiap puskesmas,” kata Faisal. [](ma)

  • Uncategorized

Leave a Reply