Dinas Kesehatan Lhokseumawe fungsikan Posbindu seluruh gampong

DINAS Kesehatan Lhokseumawe akan memfungsikan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di seluruh gampong sebagai salah satu upaya dini mencegah berbagai penyakit terutama yang tidak menular.

“Kita sudah mendata tahun lalu, kemudian tahun ini mulai kita galakkan Posbindu sebagai salah satu solusi untuk mencegah penyakit sejak awal, terutama yang tidak menular. Saat ini sudah enam Posbindu percontohan di Puskesmas Muara Dua,” kata Puspawati, Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular (P2M) Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Lhokseumawe, Kamis, 25 Maret 2013.

Puspawati menyebutkan, selama ini penyakit tidak menular sering diabaikan oleh masyarakat, padahal kasus penyakit tersebut terbilang cukup tinggi. Karena itu, kata dia, nantinya Posbindu akan difungsikan di seluruh gampong di Lhokseumawe.

“Posbindu ini juga sebagai salah satu bentuk konsuling antarmasyarakat dengan tenaga medis. Nanti masyarakat yang datang untuk konsultasi masalah kesehatan tidak dipungut biaya, gratis semua,” kata Puspawati.

Saat ini, kata dia, kendala utama dihadapi Dinas Kesehatan Lhokseumawe untuk menjalankan program tersebut adalah kurangnya peralatan. Selama ini kata Puspa, alat dari suatu lokasi Posbindu dibawa ke Posbindu lainnya. Sedangkan  untuk tenaga medis, pihak Dinkes akan memberdayakan kader dari Posbindu tersebut dengan memberi berbagai pelatihan.

Puspawati berharap kegiatan ini nantinya mendapat perhatian dari berbagai pihak termasuk masyarkat. “Bekerja sama dengan kita untuk mau melakukan konsul ke Ppsbindu jika sudah ada di tiap-tiap gampong nantinya,” kata dia.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply