Dijadikan Tersangka oleh Polri & KPK, Saksi Kunci Simulator SIM Pilih KPK

JAKARTA – Sukotjo Bambang, saksi kunci kasus simulator SIM, sudah ditetapkan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) sebagai justice collaborator. Dia pun sudah diperiksa Polri. Pemeriksaan pertama seputar pelaksanaan tender. Pemeriksaan kedua baru akan digelar besok, Selasa, 28 Agustus 2012.

Lepas dari persoalan itu, Sukotjo yang juga menjadi tersangka di KPK dan Polri dalam kasus yang sama yakni simulator SIM berharap kasus ditangani KPK.

"Kan lapornya ke KPK. Dan kita ikut sesuai UU KPK saja, kan KPK yang menangani," kata pengacara Sukotjo, Erick S Paat saat dikonfirmasi, Senin (27/8/2012).

Namun walau ingin kasus ditangani KPK, Sukotjo tetap menghormati kepolisian. Dia tetap mau menjalani pemeriksaan karena menghormati upaya hukum Polri.

"Walau bisa menolak, kalau klien kita diperiksa kita ikuti. Tapi kan tidak bisa nanti disidang untuk kasus yang sama," imbuhnya.

Bambang kini masih menjalani penahanan di LP Kebon Waru terkait kasus penggelapan oleh pengusaha Budi Susanto yang memegang proyek simulator SIM. Sukotjo merupakan sub kontraktor dari proyek itu. Kasus yang dia jalani masih kasasi di MA.

"Untuk kasus itu kita berharap ada keringanan dari MA," tutur Erick. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply