Di Langsa, ada 530 orang tenaga honorer

JUMLAH tenaga honorer di jajaran Pemerintah Kota Langsa sebanyak 530 orang dan tenaga kontrak sebanyak 1.259 orang. Jumlah itu tersebar di seluruh Satuan Kerja Perangkat Kerja (SKPK) di bawah Pemerintah Kota Langsa.

“Jika dilihat jumlah tersebut, itu sudah lebih karenanya Pemko tidak akan lagi menambah tenaga honorer,” kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Langsa, Zulfiqar, Selasa 5 Maret 2013.

530 tenaga honor yang ada tersebut, kata Zulfiqar, sudah bekerja sejak tahun 2005. Sedangkan 1.259 orang tenaga kontrak terdapat di Dinas Kebersihan, Satpol PP dan WH, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan serta Satpam di RSUD Langsa dan DPRK Langsa.

Dia mengatakan untuk membayar honor tenaga honorer dan kontrak selama ini tidak ada kendala. “Setiap bulan honor mereka dibayar,” kata Zulfiqar. Namun, katanya, ketika memasuki anggaran baru sedikit terlambat karena pengesahan anggaran dan proses perpanjangan SK yang diperpanjang setahun sekali.

Saat ini, di Pemerintahan Kota Langsa belum ada pengurangan tenaga honor, namun itu bisa saja terjadi apabila kinerja menurun serta tersandung kasus hukum.

Menurutnya, sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 814.1/169sj, tanggal 10 Januari 2013 tentang penugasan larangan pengangkatan tenaga honor, maka Pemerintah Kota Langsa tidak akan menerima lagi tenaga honor. “Kecuali jika dibutuhkan untuk melaksanakan tugas tertentu,” kata Zulfiqar. []

  • Uncategorized

Leave a Reply