Depag Aceh: Awal Ramadan Diharap Merujuk pada Aturan Pemerintah

BANDA ACEH – Departemen Agama Provinsi Aceh telah melakukan rukyat hilal atau mengamati visibilitas bulan untuk menetapkan awal Ramadan, di kawasanan di Lhoknga, Aceh Besar, Kamis 19 Juli 2012 petang tadi. Hasil yang didapat akan dikirmkan ke Kementerian Agama Republik Indonesia, malam ini.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Sekretaris Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Aceh, Ridwan Qari mengatakan, berharap seluruh umat islam dapat melaksanakan ibadah Ramadan sesuai dengan hasil yang diatur pemerintah.

“Di Nagan Raya pengikut Habib Muda Seunagan sudah melaksanakan ibadah puasa, dengan ketentuan yang mereka pahami, dan hal tersebut tidak jadi persoalan. Namun kami berharap dalam mejalankan ibadah sebaiknya dengan aturan yang sudah diatur pemerintah,” kata Ridwan.

Dia juga berharap, sejumlah perbedaan dalam menentukan awal Ramadan ini jangan samapi  menimbulkan gangguan seperti membuat  pernyataan yang dapat menganggu ketenteraman umat Islam. “Jalankan ibadah sesuai dengan keyakinan dan pemahaman yang di anut oleh masing-masing,” unjar Ridwan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply