Demokrat tetap ajukan Ruhut Sitompul sebagai ketua Komisi III

PENOLAKAN berbagai fraksi atas penunjukan Ruhut Sitompul menjadi Ketua Komisi III DPR RI dinilai terlalu tendensius. Padahal, penunjukan Ruhut merupakan hak Partai Demokrat selaku partai pemenang.

“Itu tendensius. Itu hak Partai Demokrat,” ujar Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan yang dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (24/9).

Syarief menegaskan, Partai Demokrat tetap mendorong Ruhut untuk menjadi Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Gede Pasek Suardika. “Kita tetap dorong Pak Ruhut. Sekarang sudah ditanam Ketua Fraksi yang menyelesaikan,” tegas dia.

Sebelumnya, penetapan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR RI mendapat jalan terjal. Dalam rapat pleno penetapan Ruhut yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mendapat hujan interupsi.

Salah satunya dari Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Abubakar Al Habsy. Ia mengatakan, dari semua interupsi yang diajukan para anggota Komisi III disimpulkan bahwa banyaknya anggota komisi yang tidak menyetujui Ruhut pimpin komisi yang membidangi hukum dan HAM tersebut.

“Dari semua interupsi sudah terlihat bahwa Pak Ruhut tidak dikehendaki untuk memimpin Komisi III ini,” ujar dia.

Karena mendapat penolakan, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin jalannya rapat pleno akhirnya menunda penetapan Ruhut. Partai Demokrat diberikan waktu sepekan untuk mengajukan nama baru atau tetap Ruhut. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply