Demokrat Bantah Dapat Rp 12,5 Miliar dari Negara

JAKARTA – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran mengungkapkan, anggaran negara yang dikucurkan pada 2012 ke partai politik mencapai Rp 9,9 miliar, sementara ke fraksi-fraksi di DPR mencapai Rp 12,5 miliar.

Meski demikian, data tersebut dibantah Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Saan Mustopa. Menurutnya, fraksi-fraksi membiayai sendiri keperluan operasionalnya.

"Saya malah belum mendengar, tuh (data FITRA), tetapi semua operasional dibiayai sendiri," ujar Saan melalui pesan singkat kepada wartawan, Jumat (16/3/2012).

Namun, Saan tak menjelaskan dari mana sumber uang untuk fraksi sesungguhnya. Seperti diketahui, FITRA menyebut anggaran untuk kegiatan fraksi-fraksi DPR sebesar Rp 9,5 miliar untuk tahun 2011 dan sebesar Rp 12,5 miliar untuk tahun 2012. Sumber data Seknas FITRA tersebut diolah dari rincian belanja pemerintah pusat di Ditjen Kesbang dan Politik Kementerian Dalam Negeri.

Adapun alokasi anggaran untuk tahun 2011 sebesar Rp 9,5 miliar tersebut diperuntukkan bagi jamuan rapat-rapat fraksi DPR sebesar Rp 2,5 miliar, untuk jamuan tamu fraksi DPR sebesar Rp 1,6 miliar, dan untuk seminar, diskusi, atau workshop fraksi-fraksi sebesar Rp 5,4 miliar.

Sementara itu, alokasi anggaran sebesar Rp 12,5 miliar untuk tahun 2012 diperuntukkan bagi jamuan rapat-rapat fraksi DPR sebesar Rp 2,5 miliar, jamuan tamu fraksi DPR sebesar Rp 1,6 miliar, dan seminar, diskusi, atau workshop fraksi-fraksi sebesar Rp 8,4 miliar.

Dari sumber data yang sama, tercatat total anggaran parpol, fraksi di DPR, dan pembayaran gaji serta tunjangan anggota DPR untuk Tahun Anggaran 2011 mencapai Rp 471 miliar dan untuk Tahun Anggaran 2012 ini mencapai Rp 446 miliar. | sumber: kompas.com

  • Uncategorized

Leave a Reply