Demam Batu Akik, Dari Budi Waseso Hingga Tjahjo Kumolo

SEBAGIAN masyarakat Indonesia saat ini sedang dilanda demam batu akik atau batu cincin. Berbagai lapisan masyarakat seperti larut oleh fenomena batu. Penggemar batu tak hanya dari masyarakat biasa, bahkan kalangan pejabat pun tak sedikit yang menggunakan batu perhiasan itu.

Salah satunya adalah Kabareskrim Komisaris Jenderal Budi Waseso. Jenderal bintang tiga itu juga tampak mengenakan batu cincin. Batu berwarna hitam itu terpasang di‎ jari manis tangan kanannya.

Namun, pria yang biasa disapa Buwas‎ itu mengaku tidak tahu jenis apa batu yang dikenakannya tersebut. Saat disinggung berbagai jenis batu seperti Safir dan Bacan, Buwas menyebut batu cincinnya merupakan batu dari Kalimantan.

‎"Bukan Bacan, saya nggak mampu beli Bacan, ini batu dari Kalimantan, kalau Bacan saya nggak mampu beli," ujar Buwas di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat, 27 Februari 2015.

‎Fenomena batu memang tengah melanda. Selain Komjen Buwas, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga seorang penggemar batu akik, bahkan Tjahjo sudah dalam taraf kolektor berbagai jenis batu sejak 10 tahun terakhir.

‎"Saya kolektor akik, sudah lama. Saya paling suka (akik apa saja) yang penting Indonesia semua," ungkap Tjahjo di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal, Jl Gatot Subroto, Jaksel, Senin, 23 Februari 2015.

Ia pun tak segan berbagi mengenai koleksi batunya. Bahkan ia mengambil dari dalam tas kerjanya, sebuah dompet yang berisi beberapa batu akik aneka jenis dan warna. Mungkin tak lengkap bagi pria asli Solo-Yogya ini jika tidak membawa sejumlah koleksi batunya.

"Secara khusus punya dompet batu akik, hahaha," ucap Tjahjo sumringah sambil menunjukkan koleksinya yang berjumlah di atas 50 buah itu.[] sumber: detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply