Delegasi Sumut: Bagaimana Cara Makan Ranup Ini?

Delegasi Sumut: Bagaimana Cara Makan Ranup Ini?

BANDA ACEH – Ada hal unik yang terjadi saat pembukaan rapat koordinasi (Rakor) gubernur se-Sumatera tahun 2015 yang dilaksanakan di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015.

Sebelum acara seremoni dimulai, para tamu undangan terlebih dahulu disambut dengan tarian khas Aceh yaitu tari ranup lampuan.

Tarian ranup lampuan tersebut bertujuan untuk menyambut dan memuliakan tamu. Hal tersebut merupakan kebiasaan masyarakat Aceh yang selalu menghidangkan sirih kepada para tamu.

Saat para penari ranup lampuan tersebut menghidangkan ranup (sirih) kepada para tamu undangan, tiba-tiba delegasi dari Provinsi Sumatera Utara menanyakan bagaimana cara memakan sirih tersebut kepada para penari.

sumut 2

“Bagaimana cara makannya sirih ini,” katanya sambil melihat ranup tersebut berulang kali.

Melihat hal tersebut, Gubernur Zaini Abdullah mengatakan kepada para undangan, bahwa salah satu tradisi Aceh yang masih melekat di masyarakat Aceh adalah memuliakan tamu atau dalam bahasa Aceh disebut peumulia jamee.

“Hal tersebut tergambar dari pepatah Aceh yang mengatakan mulia jamee ranup lampuan, mulia rakan mameh suara,” ujarnya.

“Yang artinya, memuliakan tamu dengan menyuguhkan sirih. Memuliakan sahabat dengan tutur sapa yang manis,” kata gubernur sambil menjelaskan arti dari pepatah tersebut dalam bahasa Indonesia.

Foto delegasi Sumut kebingungan saat menerima ranup/adi gondrong/portalsatu.com

Leave a Reply