Defisit Anggaran AS Lebih dari 1 Triliun Dollar AS

Amerika Serikat melaporkan data anggaran untuk bulan terakhir tahun fiskal 2012, akhir pekan lalu. Kenaikan tipis pada pendapatan negeri itu tidak mencegah defisit anggaran melebihi 1 triliun dollar AS selama empat tahun berturut-turut.

Seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Senin (15/10/2012), dari Data Departemen Keuangan AS, defisit anggaran untuk tahun 2012 mencapai 1,089 tiliun dollar AS, lebih kecil daripada tahun lalu, yaitu sebesar 1,297 triliun dollar AS.

Sebagian besar disebabkan kenaikan pajak pendapatan perusahaan dan berkurangnya tingkat belanja. Terjadi surplus anggaran bulan September sebesar 75 miliar dollar AS. Angka ini melebihi perkiraan untuk surplus sebesar 42 miliar dollar AS. Ini merupakan bulan kedua yang mencatat hasil positif untuk akhir tahun fiskal.

Laporan anggaran akhir tahun ini datang di pekan terakhir kampanye presiden. Kesenjangan anggaran yang sangat besar dan kebijakan ekonomi Presiden Barack Obama menjadi fokus dalam debat. Indeks Wall Street sendiri berakhir variatif menutup akhir pekan lalu. | sumber: kompas

  • Uncategorized

Leave a Reply