Dayah Mamplam Golek Baru Mulai Berpuasa Hari Ini

Dayah Mamplam Golek Baru Mulai Berpuasa Hari Ini

JANTHO- Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’arrif atau biasa disebut Dayah Mamplam Golek, mulai berpuasa Ramadan hari ini, Jumat, 19 Juni 2015.

Segenap santri dan sebagian alumni dayah tersebut mulai berpuasa Ramadan hari ini karena untuk berpuasa Kamis tidak nampak anak bulan atau yang disebut yang disebut hilal.

“Hari Rabu sore tidak nampak hilal, sesuai dengan hadist nabi, jika bulan tidak nampak maka dianjurkan untuk menyempurnakan 30 Syakban,” kata salah satu alumni dayah tersebut kepada Portalsatu.com, Jumat, 19 Juni 2015.

Berujuk kepada hadist dari Abi Hurairah Radhiallahu ‘anhu, yang berbunyi ‘Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berbukalah karena melihatnya (hilal bulan Syawal). Jika kalian terhalang awan, maka sempurnakanlah Sya’ban tiga puluh hari.” (HSR. Bukhari 4/106, dan Muslim 1081).

“Dalam hadist juga dikatakan melihat anak bulan dengan mata kepala, sebagian memang dengan ilmu hisab tetapi kita harus melihat kembali dengan birukyatihi (mata kepala),” ujarnya.

Untuk diketahui, dayah ini beralamat di Jalan Blang Bintang Lama Km. 9 Gampong Lambaro Bileu, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. []

Leave a Reply