Dayah Darul Maarif di Aceh Utara Dibakar

LHOKSEUMAWE – Dayah Darul Maarif yang dimpin oleh Tengku Zarkasyi, di Desa Manyang, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara di bakar oleh orang tak dikenal (OTK), sekitar pukul 03.30 Wib dini hari pada Rabu, 24 Oktober 2012.

Menurut saksi mata yang juga pengurus pesantren, Nurdin AR, peristiwa itu terjadi saat warga sekitar tengah lelap. Kata Dia, dirinya saat itu tidur disebuah balai di rumah Tengku Zarkasyi, tiba-tiba tersentak dan terjaga.

“Saya liat apinya sudah besar. Lalu saya langsung lari ke sana. Sampai di lokasi saya mencium bau bensin. Saya tidak bisa buat apa-apa karena sendiri,” ujar Nurdin AR.

Menurut Nurdin AR, api dengan mudah menjalar karena kontruski balai terbuat dari kayu dan beratapkan daun rumbia.

“Balai pertama yang dibakar itu adalah bilik tempat tidur para santri, ada beberapa kamar di dalamnya. Sedangkan satu lagi balai itu digunakan untuk aktivitas mengaji dan belajar para santri,” kata Nurdin AR.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, hanya saja dua balai bangunan dayah menjadi abu. Para santri yang mengikuti pengajian di Balai Dayah itu, sudah beberapa minggu yang lalu menghentikan aktivitas belajar disana.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan pihak Polres Lhokseumawe melalui Polsek Meurah Mulia belum bisa memberikan kepastian bagaimana kronologi dan temuan hasil olah TKP atas peristiwa dibakarnya Dayah itu oleh OTK.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply