Dapatkah Bertahan Hidup di Laut?

APA yang terjadi jika Anda mengalami kecelakaan kapal atau pesawat dan jatuh di laut yang luas? Memikirkannya saja sudah tidak mungkin untuk bisa bertahan hidup di laut, dengan berbagai ancaman. Tapi perlu diketahui, seseorang masih dapat bertahan hidup di laut.

Dilansir dari NTSB (National Transportation Safety Board), Amerika, mereka menemukan bahwa tingkat keselamatan kecelakaan pesawat di laut sangatlah tinggi, yakni 95% orang yang mengalami kecelakaan pesawat akan dapat bertahan hidup dari kecelakaan tersebut namun itu tidak melihat apa yang terjadi sesudahnya.

Apa saja ancaman jika terdampar atau mengalami kecelakaan di laut?

Banyak sekali ancaman yang dapat terjadi saat seseorang terdampar di laut, seperti serangan hiu, dehidrasi, kelaparan, hipotermia air laut, kelelahan, dan cuaca panas. Seseorang yang terdampar di laut dengan menggunakan sekoci atau rakit, kemungkin besar masih dapat bertahan hidup. Namun jika tidak, sedikit harapan dapat bertahan di laut.

Lalu bagaimana jika seseorang hanya menggunakan jaket pelampung?

Dengan menggunakan jaket pelampung, kemungkinan seseorang masih bisa selamat. Cobalah mempertahankan panas tubuh Anda dengan membentuk sebuah posisi yang dikenal dengan HELP (Heat Escape Lessening Posture). Posisi itu seperti melipat kedua kaki dan mendekati dada. Hal itu untuk mencegah hipotermia berada di laut.

Namun, bagaimana jika seseorang tidak menggenakan jaket pelampung? Apa yang harus dilakukan agar bertahan hidup? Usahakan membuat tubuh menjadi relaks dan jangan bersandar pada punggung karena itu akan membutuhkan banyak energi.

Apa yang menjadi penting untuk bertahan di laut?

Air adalah kunci yang terpenting untuk bertahan hidup. Seseorang yang terdampar di laut, hanya dapat mengandalkan air hujan. Pada umumnya, seseorang hanya dapat bertahan selama satu minggu tanpa air minum sebelum ia mengalami dehidrasi tinggi. Sedang, seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan selama 5-6 minggu.

Bagaimana seseorang dapat bertahan dalam cuaca yang panas?

Hal ini berbeda-beda tergantung atas panasnya cuaca tersebut. Namun pada umumnya suhu tubuh manusia normal adalah sekitar 36,1oC-37,2oC, apabila suhu tubuh itu menyentuh 42oC maka heat stroke akan terjadi dan berakibat fatal. Jikapun hal ini tidak terjadi, cuaca panas tersebut akan membuat Anda kehilangan banyak air dan mengarah ke dehidrasi yang dapat berakibat buruk. | sumber: nationalgeographic.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply