Daftar 10 Planet Asing Calon Tempat Tinggal Manusia

Sebuah katalog yang berisi daftar planet layak huni telah diterbitkan April 2014. Dalam katalog tersebut, setidaknya terdapat 21 planet yang bisa dijadikan calon 'bumi' manusia.

Sayangnya, tidak semua planet ini belum dapat dikonfirmasi kemampuannya menjadi tempat koloni. Beberapa di antaranya juga masih sangat butuh banyak penelitian terkait lingkungan.

Oleh karena itu, University of Puerto Rico di Arecibo mempersempit jumlah planet tersebut menjadi 10 saja. Dilansir melalui space.com, Selasa 19 Agustus 2014, setidaknya ada 10 planet yang dapat menjadi tempat tinggal manusia jika Bumi hancur.

10. Kepler-186f

Ini merupakan planet luar yang benar-benar seukuran dengan Bumi yang pernah ditemukan. Dunia alien ini berjarak 490 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya lebih besar 10 persen ketimbang Bumi kita. Yang menarik, permukaannya didominasi oleh bebatuan.

9. Gliese 581g

Planet ini cukup kontroversial. Sejak ditemukan 2010 lalu, para peneliti masih sulit untuk mendapatkan konfirmasi terkait eksistensinya. Namun tetap saja, University of Puerto Rico menganggap planet ini merupakan kandidat terbaik untuk 'bumi' alternatif. Jika memang benar adanya, Gliese 581g hanya berjarak 20 tahun cahaya. Ukurannya pun dua sampai 3 kali lebih masif dari Bumi. Ia mengorbit di bintang induknya, Gliese 581, setiap 30 hari dalam konstelasi Libra.

8. Gliese 667Cc

Planet ini disebut Superbumi. Gliese 667Cc juga cukup dekat dengan Bumi, hanya 22 tahun cahaya di konstelasi Scorpius. Ukurannya 4,5 kali lebih besar dari Bumi dan butuh 28 hari untuk mengorbit di bintang induknya, GJ 667C.

7. Kepler 22b

Ukurannya 2,4 kali lebih besar dari Bumi. Efek rumah kaca yang ada di planet ini mirip juga dengan Bumi. Perkiraan suhunya mencapai 22 derajat celsius, berjarak 600 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus.

6. HD 40307g

Planet ini juga disebut superbumi. Berjarak 42 tahun cahaya dari Bumi dan berada di konstelasi Pictor. Saking dekatnya, teleskop masa depan milik NASA akan bisa dengan mudah meneliti permukaannya. Dia mengorbit bintang induknya yang berjarak 56 juta mil (90 juta kilometer), sama dengan setengah jarak Bumi ke Matahari yang berjarak 150 juta kilometer.

5. HD 85512b

Ditemukan pada 2011 sebagai salah satu dari 50 planet yang pernah ditemukan oleh HARPS, perangkat pencari planet di Chile. Planet ini berukuran 3,6 kali lebih masif dari Bumi. Jaraknya 35 tahun cahaya di konstelasi Vela. Peneliti berharap suatu saat bisa menemukan air di permukaan HD 85512b

4. Tau Ceti e

Kandidat planet Bumi yang dideteksi pada Desember 2012. Jaraknya 11,9 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya 4.3 kali lebih masif dari Bumi. Tau Ceti e bisa menjadi planet yang hangat atau dingin, tergantung atmosfernya.

3. Gliese 163c

Planet ini berukuran 7 kali ketimbang massa Bumi sehingga bisa disebut sebagai planet raksasa yang berbatu. Gliese 163c berputar mengorbit bintangnya setiap 26 hari dengan jarak 50 tahun cahaya dari Bumi. Bintang induknya ada di konstelasi Dorado.

2. Gliese 581d

Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa planet ini memiliki atmosfer karbondioksida yang cukup tipis. Ukurannya 7 kali lebih masif ketimbang Bumi. Jaraknya hanya 20 tahun cahaya dari Matahari. Dengan kata lain, Gliese 581d ada di belakang 'halaman' Bumi.

1. Tau Ceti f

Ini merupakan planet yang paling memungkinkan untuk ditinggali manusia. Ukurannya 6,6 kali masifnya dari bumi dan sangat berpotensi untuk didiami, jika atmosfir di dalamnya bisa memiliki jumlah panas yang signifikan. | sumber : viva

  • Uncategorized

Leave a Reply