Cut Rani: Kita Perlu Menjadi ‘Cut Meutia’ Modern

Cerdas, kreatif dan mandiri adalah hal yang sangat melekat dalam sosok gadis berparas cantik ini. Cut Rani Novaryanti namanya, lahir di Pekan Baru pada 30 November 1992 silam, Cut Rani kini tercatat sebagai mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Syiah Kuala.

Pemenang juara tiga Hijab Hunt 2014 ini salah satu potret anak muda Aceh yang sangat mengagumi keberanian Cut Meutia. Ia adalah sosok pahlawan perempuan Aceh yang rela mempertaruhkan nyawa dan hartanya dalam melawan penjajah.

Di mata Cut Rani, Cut Meutia merupakan sosok yang luar biasa, berani melawan musuh demi bangsa, amanah dan berjiwa kepemimpinan. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya itu ia mampu memimpin pasukan perang dan tangguh berjuang hingga titik darah penghabisan.

"Inspirasi dari Cut Meutia menurut Nova pribadi merupakan wanita Aceh yang cinta dan rela berkorban demi tanah airnya, memiliki prinsip yang tak mudah goyang, dan pemimpin yang bijaksana," ujarnya kepada ATJEHPOST.co, Minggu 26 Oktober 2014.

Cut Meutia menurutnya juga sosok srikandi Aceh yang perkasa dan mampu mensejajarkan diri dengan kaum pria. Termasuk terjun ke medan perang yang biasanya dilakoni para pria. Selain Cut Meutia banyak srikandi Aceh lainnya yang menjadi panglima perang dan memimpin ribuan laskar di hutan dan gunung.

"Bahkan ada laskar wanita yang disebut Inong Bale. Mereka ini para janda yang menuntut kematian suaminya. Perempuan Aceh berani meminta cerai dari suaminya bila suaminya berpaling muka kepada Belanda," ujarnya lagi.

Untuk mengenang sosok Cut Meutia, gadis ini mengatakan perempuan Aceh harus bangga dengan identitas keacehannya. Aceh terkenal dengan banyaknya pahlawan perempuan yang membela bangsanya. Sebagai perempuan Aceh katanya, sudah sepatutnya menanamkan sifat-sifat Cut Meutia dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini perlu dilakukan sehingga dapat terciptanya pribadi yang dapat mengharumkan bangsa sebab di zaman modern, perempuan Aceh dapat menjadi seperti sosok cut Meutia dengan berinovasi serta menciptakan  hal baru yang mampu membangun dan membanggakan bangsa di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lainnya," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply