Curhat Petani kepada Wagub Mualem

BLANG BINTANG – Usai kegiatan pemotongan padi perdana sebagai pertanda dimulai panen raya di Desa Bueng Pageu, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Senin, 1 Oktober 2012.  Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf diberondong dengan rentetan keluhan  dari petani setempat.

Para petani memanfaatkan kehadiran orang nomor dua di jajaran Pemerintahan Aceh itu  untuk menyampaikan berbagai keluhan atau unek-unek yang mereka rasakan selama ini.

“Kendala yang pertama adalah persoalan irigasi. Kami lebih 12 tahun di sini tetapi irigasi belum ada. Kami merasa tidak diperdulikan,” kata Rusli, seorang petani di desa setempat.

Selain masalah irigasi Rusli juga mengeluhkan banyak bibit yang diberikan pemerintah namun tidak tumbuh di sawah mereka. Bahkan, kata Rusli, bibit yang tidak tumbuh mencapai 80 persen.

Hama keong mas juga menjadi masalah serius bagi petani. Kata Rusli, mereka tidak tahu cara mengusir hama itu. Itu sebabnya, ia meminta  pemerintah agarlebih serius mendampingi petani.

“Kami juga memohon kepada Bupati Aceh Besar, agar mencetak sawah baru. Sekarang tidak semua masyarakat di Aceh besar punya sawah. Walaupun daerah kita dikenal sebagai salah satu kabupaten penghasil gabah terbesar di Aceh,” tambah Rusli.

Menanggapi keluhan para petani, Wagub Mualem mengatakan, masalah irigasi memang menjadi program prioritas Pemerintah Aceh. “Dalam RPJM Aceh sudah dimasukkan, dan pemerintah kali ini tidak akan membuat irigasi asal-asalan. Seperti pemerintah sebelumnya. Program ini sudah lama kami rancang, bahkan sebelum kami menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur,” jawab Mualem.

Sebagai bukti keseriusan pemerintah Aceh terhadap petani, Mualem melalui Dinas Pertanian Aceh, akan menggantikan bibit yang rusak dengan bibit baru pada tahun 2013 nantinya. Pada kesempatan itu, Mualem juga menyumbang satu unit kontraktor tangan.

Acara panen raya itu selain dihadiri Wakil Gubernur Aceh, juga hadir pimpinan perusahaan pupuk Petrokimia Gresik, dan Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply