Chand Baori, Sumur Unik dengan 3.500 Anak Tangga

Sebuah sumur kuno di India memiliki arsitektur yang sangat menarik. Ada 3.500 anak tangga yang harus dilewati sebelum mencapai sumur tersebut. Keindahan bentuk Chand Baori pun ditiru dalam salah satu set film Batman.

Desa Abhaneri di timur Rajasthan, India memiliki sebuah sumur yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di sana. Alih-alih berbentuk bulat dan menjorok ke dalam, sumur ini berada di bangunan yang cukup unik. Memang letaknya ada di bawah, namun tidak diambil dengan melempar ember yang nantinya ditarik dengan tali.

Ditengok dari Amusing Planet, Senin (15/10/2012), sumur ini memang pantas dianggap unik karena sumur biasa tidak memiliki anak tangga sebanyak ini. Chand Baori berasal dari nama bawdi atau baori yang berarti tangga menuju sumur. Sumur ini dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9 pada saat Dinasti Nikumbha. Sumur yang dibangun atas perintah King Chanda ini berguna sebagai sumber air masyarakat setempat selama berabad-abad.

Namun setelah masyarakat diperkenalkan dengan sistem perairan yang baru, perlahan Chand Baori ditinggalkan. Kini, airnya tak lagi jernih karena sudah tidak ada lagi yang mengambil air dari sana. Namun meski sudah ditinggalkan, sumur ini tetap memiliki pesona yang tak bisa pudar.

Ya, barisan anak tangga di bangunan persegi empat ini jadi destinasi wisata yang digemari para fotografer. Tak cuma anak tangga, Chand Baori memiliki banyak ruangan lain yang masih tersisa kemegahannya. Tak ayal pengunjung sibuk menjelajah setiap ruangan dan menjepret setiap sudut yang terlihat menarik.

Ada paviliun di bagian atasnya yang dilengkapi dengan pahatan patung bertemakan Hindu. Bahkan, sumur ini juga memiliki ruangan khusus yang dulunya dijadikan tempat raja dan ratu yang ingin menonton pertunjukan seni di sana.

Nuansa kuno akan menyapa siapapun yang melihat bangunan yang memiliki kedalaman sekitar 20 meter ini. Tapi jangan salah, setiap anak tangga di sini masih tertata rapi. Hampir tak ada anak tangga yang cacat. Saat ini, Chand Baori terbuka untuk wisatawan juga untuk masyarakat setempat yang ingin duduk-duduk di sekitar anak tangga.

Demi keamanan, 4 undakan paling bawah ditutup dengan pagar. Hal ini sama sekali tidak menutupi keunikan dan keindahan sumur ini. Pada saat musim panas, banyak warga lokal yang duduk-duduk di anak tangga. Ini karena udara di bagian bawah lebih sejuk dibanding udara di permukaan.

Karena keunikan bangunannya, Chand Baori dibuat tiruannya untuk film Batman, The Dark Knight Rises. Di dalam film tersebut, sang Batman alias Bruce Wayne ditahan di penjara bawah tanah milik sang tokoh antgonis, Bane. Latar belakang penjara tersebut adalah anak tangga yang saling silang, mirip dengan anak tangga yang ada di Chand Baori. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply