Chairul Tanjung: Masyarakat Indonesia Belum Sepenuhnya Siap

Menteri Koordinator Perekonomian RI Chairul Tanjung mengungkap ketidaksiapan Indonesia menghadapi pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang berlangsung akhir tahun 2015 mendatang. Hal ini disampaikannya usai menghadiri kuliah umum di Universitas Syiah Kuala kepada sejumlah wartawan di Banda Aceh, Sabtu, 13 September 2014.

"Indonesia harus kejar tayang dalam waktu yang sesingkat ini untuk mengejar ketertinggalan dalam menghadapi pasar bebas tersebut," katanya.

Ia mengatakan Indonesia masih tertinggal dalam segala hal jika membandingkan dengan sembilan negara anggota ASEAN lainnya. Namun ia tetap optimis Indonesia siap menghadapinya.

“Seluruh daerah di Indonesia belum 100 persen siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Desember 2015 nanti," ujarnya. 

Menurutnya pemerintah Indonesia terus mempersiapkan sumber daya manusia untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Hal serupa juga dilakukan pengusaha Indonesia yang tidak ingin tertinggal saat MEA diberlakukan.

Chairul Tanjung mengatakan ketidaksiapan masyarakat Indonesia menghadapi program ini juga tidak berpengaruh besar. Pasalnya, organisasi ASEAN bukanlah sebuah lembaga pemaksaan jika ada negara yang belum siap.

“Kalau ada hal–hal yang belum siap dilakukan Indonesia nantinya, kita akan melakukan langkah–langkah untuk melindungi persaingan masyarakat Indonesia,” ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply