Cegah Narkoba, Polres Aceh Utara Buru Bandar

LHOKSUKON – Kepolisian Resort Aceh Utara fokus mengincar bandar narkoba guna memberantas jaringan peredaran benda terlarang tersebut. Sementara untuk upaya pencegahan kepada remaja, lebih dititik beratkan pada Program Polisi Saweu Sikula.

MoU kesepakatan itu ditandatangani Polda Aceh pada 2 Mei 2011 lalu. Selain itu, orangtua juga diminta berperan aktif memantau pergaulan anak yang sudah beranjak remaja di luar rumah.

Waka Polres Aceh Utara, Kompol Siswoyo saat ditemui ATJEHPOSTcom, Senin 17 Desember 2012 mengatakan, pihaknya komit memberantas peredaran narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

“Sebagai langkah awal, kita melakukan penyelidikan terkait Bandar, kurir dan pemakai narkoba. Untuk itu dibutuhkan kerjasama masyarakat, khususnya memberi informasi aktivitas narkoba di desa masing-masing. Tentang siapa pelaku narkoba, terutama Bandar,” ujarnya.

Dalam upaya pemberantasan narkoba juga dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua. Dia mengatakan, jangan terkecoh jika anak berkelakuan baik di rumah. Karena, kata dia, belum tentu pergaulan teman-temannya juga baik. Alangkah bijak jika orangtua ikut andil dan menyelidiki dan memantau seperti apa pergaulan anak di luar rumah.

"Agar tidak terjerumus narkoba," tuturnya. “Jika pun sudah masuk dalam lingkaran itu, maka akan cepat diobati sebelum ketagihan,” ujar Kompol Siswoyo.

Dalam hukum, kata dia, tidak ada istilah pilih kasih bagi pelaku narkoba. Jangankan masyarakat, anggota Polri pun ikut ditindak.

“Sepanjang tahun 2012, sebanyak 15 anggota Polres Aceh Utara diketahui positif narkoba berdasarkan test urine. Empat di antaranya mendapatkan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH). Sedangkan sisanya yang masih dalam tahap ringan, menjalani pembinaan di Polda Aceh,” katanya.

Kompol Siswoyo mengatakan, semua pelaku narkoba dihukum sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku. Bahkan remaja yang masih berstatus pelajar pun menjalani proses hukum tersebut.
"Kecuali jika sudah kecanduan, maka harus segera masuk pusat rehabilitasi.”

Kata Kompol Siswoyo, untuk tahun 2013 mendatang, pihaknya akan melakukan operasi khusus pemberantasan narkoba. “Fokus utama kita mengincar bandarnya,” kata dia.[bna]

  • Uncategorized

Leave a Reply